Forum Taksi: Ganjar Harus Tindak Tegas Driver Online!

METROSEMARANG.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diminta untuk menindak tegas para pelaku usaha transportasi online lantaran dianggap telah menimbulkan persaingan yang tidak sehat.

Ratusan sopir taksi mendesak Gubernur Ganjar Pranowo segera menertibkan transportasi online. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Sebab, menurut Taka Aditya, Koordinator Forum Taksi Jawa Tengah (FTJT), Ganjar telah tebang pilih dalam menegakkan aturan transportasi online.

“Kami sudah jadwalkan ketemu Pak Ganjar. Lagian beliau kan punya kewenangan penuh atas penentuan harga, kuota, menertibkan sekaligus menindak para driver online,” bebernya kepada metrosemarang.com, Kamis (7/9).

Ia pun menuding Ganjar tak tegas dalam menindak driver online. Padahal, Pemprov Jateng sudah menggodok Pergub yang mengatur operasional taksi online. Sehingga ia ingin menagih janji tersebut agar lekas diterapkan.

“Harus diketok segera. Agar ada kepastian hukum karena ini yang kita tunggu-tunggu,” kata Aditya.

Ia menilai peredaran transportasi online ilegal lantaran tidak mengantongi izin resmi dari pemerintah pusat.

Hal ini diperkuat dengan pencabutan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

“Pengemudi yang memakai aplikasi ini memang beroperasi ilegal. Tetapi keberadaan mereka malah bertambah banyak sehingga mengakibatkan harga pasar jatuh sekaligus over supply,” ucapnya.

Ia mengatakan kericuhan antara driver online dengan sopir-sopir taksi telah berlangsung sejak dua dua tahun terakhir. Banyak rekannya yang dibuat resah. Apalagi keberadaan driver online justru dimanfaatkan oleh oknum pejabat untuk saling adu domba.

“Kami jadi saling hujat. Makanya kami ingin bertemu gubernur supaya dapat menjaga stabilitas keamanan di Jateng,” ungkapnya.

Bila tak segera ditanggapi, ia mengancam bakal mengerahkan semua rekannya untuk menggelar unjuk rasa lebih besar lagi di Ibukota Jakarta. Ia bahkan berancang-ancang akan menggeruduk kantor Kemenhub agar aturan transportasi online ditegakkan. (far)

You might also like

Comments are closed.