Ilalang di Bukit Beringin Terbakar, Kerja Bakti Bubar

METROSEMARANG.COM – Kebakaran terjadi di wilayah Bukit Beringin Asri rt 4 rw 6, Gondoriyo Semarang, Minggu (10/9) pagi. Kebakaran ini bermula dari aktivitas warga Jalan Bukit Beringin Asri II yang tengah melakukan kerja bakti di lingkungan sekira pukul 09.30.

Kebakaran di Bukit Beringin Asri, Minggu (10/9). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Warga berinisiatif membakar sampah yang telah dikumpulkan tetapi api dengan cepat merembet dan menyambar ilalang kering. Sontak hal tersebut membuat warga panik, terlebih lokasi tersebut padat penduduk.

“Nggak ada hitungan menit langsung nyamber apinya sampai tebing,” tutur Syaerozi warga rt 4.

Ia menambahkan, sebenarnya warga sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran dengan menyiapkan air dan menjaga api di sekitar tempat pembakaran sampah. Namun angin tiba-tiba berhembus kencang dan membuat api lebih besar.

“Dijaga sebenarnya apinya karena warga semua masih berkumpul dan memang sudah diimbau dari awal untuk dijaga karena kemarau, tapi ini ada percikan api yang terbawa angin langsung nyambar ke rumput kering,” tambahnya.

Beruntung banyak warga di lokasi kejadian yang langsung tanggap memadamkan api. Dua unit mobil pemadam kebakaran turut membantu proses pendinginan mengingat lokasi kebakaran merupakan padang ilalang kering.

Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, hanya saja api memutus saluran air artesis warga. “Alhamdulillah bisa dipadamkan, tak ada korban jiwa hanya sempat panik tadi,” ungkap Hartanto ketua RT 4.

Ia mengimbau warganya agar selalu waspada dan tidak sembarang menyalakan api terlebih di musim kemarau. (vit)

You might also like

Comments are closed.