Korsleting, Dua Kios PKL Simongan Ludes Terbakar

METROSEMARANG.COM – Bagi para pedagang yang kerap menyalakan televisi di dalam kiosnya sepertinya harus ekstra waspada. Sebab, alih-alih bisa menghibur diri, jaringan kabel televisi yang korsleting justru bisa menimbulkan musibah kebakaran.

Ilustrasi. Foto: metrosemarang.com/dok

Seperti kejadian kebakaran yang meluluhlantakkan dua kios pedagang kaki lima di Jalan Simongan Raya, Semarang Barat, pada Minggu (10/9) pagi tadi.

Dua kios yang hangus terbakar itu milik Kuswarnoto, pedagang asal RT 07/RW II Simongan.

Prihatiningsih, seorang saksi mata awalnya curiga saat dirinya mencium bau menyengat tatkala membersihkan rumahnya yang berada di dekat kios nahas tersebut.

Tak lama kemudian, ia lalu bergegas mendekati kios milik Kuswarnoto untuk mengecek sumber bau tersebut. Ternyata bara api telah membesar dan membakar semua isi kios. “Tahu-tahu bahwa kios pinggir jalan terbakar,” akunya.

Sontak, perempuan paruh baya itu berlari meminta tolong kepada warga setempat. Warga yang terkejut langsung mengontak petugas Dinas Pemadam Kebakaran. Api yang membesar membuat dua kios ludes terbakar.

Petugas setibanya di lokasi bahu-membahu bersama warga untuk memadamkan api.

“Jadi semua warga membantu mematikan apinya bersama petugas pemadam kebakaran,” katanya. Sayangnya, api yang besar ditambah kios dari kayu membuat isi kios tak bisa diselamatkan.

Ia memperkirakan kerugian mencapai Rp 25 juta. “Api sudah berhasil dipadamkan, tapi ini masih penuntasan pendinginan. Dugaan sementara, kita belum mengetahui secara pasti. Sedangkan saksi masih dimintai keterangan yang mengetahui awal terjadinya kebakaran,” imbuh Kasi Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Suwarto.

Tidak diketahui penyebab terjadinya kebakaran. Namun api berhasil dipadamkan dengan meluncurkan lima mobil pemadam.

Petugas sudah bisa melokalisir api yang membakar. Selang 30 menit api berhasil dipadamkan. (far)

You might also like

Comments are closed.