Pasang Baru Rp 900 Ribu, PDAM Siap Tuntaskan Kekeringan di Deliksari

METROSEMARANG.COM – Mengatasi kesulitan air bersih yang dialami hampir setiap tahun oleh warga Deliksari, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, PDAM Tirta Moedal Kota Semarang sudah memasang jaringan utama untuk mensuplai air bersih ke wilayah tersebut.

Bantuan air bersih untuk warga Deliksari. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Namun kendalanya belum ada kesepakatan dari seluruh warga sekitar terkait pemasangan sambungan baru dari jaringan utama ke titik-titik atau rumah-rumah warga. Untuk pemasangan sambungan baru ini hanya senilai Rp 900.000 per titik atau rumah.

”Biaya penyambungan baru per titik atau rumah hanya Rp 900.000 belum  PPN, kalau dengan PPN Rp 990.000. Padahal kalau harga normal biayanya Rp 1.500.000,” kata Kepala Bagian Perencanaan PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Saeful Anam, Senin (11/9).

Pemasangan jaringan utama yang sudah dilakukan di Deliksari merupakan program tahun 2016. Termasuk saat itu pemasangan jaringan utama di Perumahan Trangkil, Bumirejo, Sukorejo, Dewi Sartika, dan lain sebagainya.

”Warga di tempat-tempat lainnya seperti di Trangkil sudah siap semua, sehingga kita bisa langsung pasang (sambungan ke rumah-rumah warga),” terangnya.

Sedangkan di Deliksari, diakui warganya baru ada keinginan untuk segera bisa dilayani air bersih dari PDAM. Karena itu pihaknya sudah menyarankan agar dikoordinir sehingga bisa bersama-sama mengajukan pemasangan sambungan baru.

”Penyambungan ke rumah warga tergantung kesiapan warga, kalau warga siap bisa langsung disambung, ada ratusan warga (Deliksari) yang bisa dipasang sambungan baru, kalau saluran utama sudah siap semua,” tegasnya.

Kalau penyambungan ke rumah-rumah warga sudah siap, pihaknya akan menyalurkan air bersih untuk kebutuhan warga Deliksari dari IPA (Instalasi Pengolahan Air) Kaligarang di Sampangan. Persisnya IPA yang berada di Jalan Kelud Raya depan kantor utama PDAM.

Namun demikian, sebelum warga siap dilakukan sambungan baru, PDAM siap membantu kesulitan air bersih yang dialami warga Deliksari pada musim kemarau ini. Sesuai arahan Wali Kota Semarang, PDAM sudah mulai membantu mengirim minimal satu tangki air bersih setiap hari. (duh)

You might also like

Comments are closed.