DPU Pastikan Pembetonan Jalan Kol Hadijanto Gunungpati Dilanjutkan Pekan Ini

METROSEMARANG.COM – Pekerjaan pembetonan Jalan Kol HR Hadijanto sekitar 1,5 kilometer di wilayah Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, sering dikeluhkan warga menyebabkan kemacetan parah. Utamanya saat jam-jam sibuk berangkat dan pulang kerja setiap hari.

Pembetonan Jalan Kol HR Hadijanto yang baru sebelah yang dikerjakan ini dikeluhkan sering bikin macet. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kemacetan itu dinilai disebabkan oleh adanya pekerjaan pembetonan jalan. Kondisi jalan baru sebelah dari arah Sampangan ke Unnes yang sudah dibeton. Tapi kemudian pekerjaan jalan terlihat berhenti meskipun arah sebaliknya dari Unnes ke Sampangan belum dibeton.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, kemacetan yang disebabkan adanya pekerjaan pembotanan jalan itu merupakan konsekuensi dari pembangunan. Laporan dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kemacetan bukan karena kesalahan manajemen proyek dari rekanan yang mengerjakan pembangunan.

”Saya sudah cek ke kepala Dinas PU, bahwa menurut informasi kepala dinas ini bukan karena rekanan keliru dalam menajemen proyek, tapi umur beton itu minimal harus 3 minggu,” katanya, Senin (11/9).

Dia menjelaskan, hal itulah yang menyebabkan sampai sekarang pembetonan jalan yang dari arah Unnes ke Sampangan belum dilakukan. Sebab kalau jalan sebelahnya yang sudah dibeton dilewati kendaraan padahal umurnya belum cukup, maka jalan akan cepat rusak. ”Jadi ini menunggu umur beton siap, setelah itu baru dikerjakan sisi sebelahnya,” ujarnya.

Ditambahkan, pekerjaan pembetonan Jalan Kol HR Hadijanto ini ditargetkan akan selesai pada bulan Desember tahun ini. Jika selesai setelah Desember maka dipastikan pekerjaan pembetonan oleh rekanan tidak akan dibayar oleh Pemerintah Kota Semarang.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang Iswar Aminnudin mengatakan, pembetonan Jalan Kol HR Hadijanto akan segera dilanjutkan. Pembetonan sebalah jalan dari arah Unnes ke Sampangan akan segera dikerjakan pada pekan ini. (duh)

You might also like

Comments are closed.