Jelang Pilgub Jateng, Lima Orang Ingin Maju dari Jalur Independen

METROSEMARANG.COM – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng, sebanyak lima orang tengah mengajukan diri menjadi bakal calon gubernur dari jalur independen.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Menurut data yang dihimpun Komisi Pemilihan Umum (KPU), kelima orang yang berniat maju dari jalur independen itu antara lain Sigit Prihatmoko, Andre Tri Nugroho, Bekti Airotomo, Bahrun, serta seorang lagi yang maju dari kelompok yakni Muhdi Sarjono, Budi Yuwono dan Agus Warjono.

“Yang empat orang berasal dari Semarang, sedangkan yang dari kelompok mewakili Paguyuban Tikus Piti yang ada di Jepara,” ungkap Joko Purnomo, Ketua KPU Jateng di kantornya Jalan Veteran Semarang, Senin (11/9).

Untuk menunjukan keseriusaannya maju Pilgub, mereka sempat menyambangi kantor KPU pada 2 Agustus kemarin. Saat itu, mereka tiba secara bergiliran untuk menanyakan tata cara pendaftaran serta ketentuan basis suara minimal sebagai syarat dukungannya lewat jalur independen.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa pengecekan syarat minimal dukungan untuk calon independen akan digelar mulai 22 Oktober sampai November. “Akan diteliti lagu jumlah mininal dukungannya,” kata Joko.

Lebih jauh lagi, jika kelima calon itu memenuhi syarat dari KPU, maka tahapan selanjutnya ialah melakukan penelitian ganda sekaligus memverifikasi data-data di lapangan.

Kemudian, kata Joko data pencalonan direkap ulang di masing-masing kecamatan. “Pada 22 Desember baru dikembalikam ke KPU untuk digunakan mendaftarkan diri sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur pada minggu awal Januari 2018,” bebernya.

Ia pun mempersilakan kepada para bakal calon independen untuk mendaftar bersamaan dengan pasangan calon parpol lainnya tahun depan.

“Untuk total DPT untuk pelaksanaan Pilgub Jateng mencapai 27 juta jiwa. Makanya dalam waktu dekat akan mulai rekrutmen anggota badan penyelenggara pemilu,” bebernya. (far)

You might also like

Comments are closed.