Dana Sudah Turun, Pasar Kanjengan Segera Dibangun 4 Lantai

METROSEMARANG.COM – Pasar Kanjengan Semarang blok C dan D yang telah berhasil diambil alih Pemerintah Kota Semarang dan dirobohkan, akan segera dibangun kembali untuk Pasar Johar baru. Bangunan direncanakan akan dibuat 4 lantai dengan dana bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 93 miliar.

Bangunan Pasar Kanjengan Blok D sudah rata dengan tanah. Selanjutnya di lokasi ini akan dibangun pasar 4 lantai. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Dari pantauan lapangan, Selasa (12/9), lahan Pasar Kanjengan blok C dan D yang telah dibebaskan oleh Pengadilan Negeri Semarang tersebut saat ini telah dilakukan pembongkaran. Blok D sudah rata dengan tanah, sedangkan blok C masih proses pembongkaran.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, mengatakan pembongkaran ditargetkan dapat selesai pada akhir September mendatang. Setelah pembongkaran selesai, Pemkot Semarang akan langsung memulai proses pembangunan kembali lahan Pasar Kanjengan blok C dan D yang akan diperutukkan sebagai bangunan Pasar Johar baru.

Sesuai rencana Pasar Johar baru ini akan dibuat 4 lantai. Dimana lantai satu dan 2 akan dibangun mulai tahun ini dengan dana bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp93 miliar. Sedangkan lantai 3 dan 4 akan dilanjutkan di tahun 2018.

”Untuk tahap awal pembangunan akan dilakukan 2 lantai terlebih dahulu, sedangkan lantai 3 dan 4 akan menyusul pada tahun depan,” kata Fajar Purwoto.

Menurut Fajar Purwoto, sesuai rencana bangunan Pasar Johar baru lantai satu akan dipergunakan untuk kios. Kemudian bangunan lantai 2 dan 3 akan diperuntukkan bagi pedagang pancakan, sedangkan lantai 4 diperuntukkan sebagai lokasi parkir.

”Pasar ini nantinya akan dibuat semi modern dengan dilengkapi eskalator,” ujarnya.

Saat ini proses pembangunan tersebut masih dalam tahap lelang. Dimana pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp 93 miliar yang bersumber dari dana bantuan Pemerintah Pusat.

Awal Oktober nanti diharapkan proses lelang sudah ada pemenangnya. Sehingga pembangunan dapat segera dilakukan dan akhir Desember sudah selesai. (duh)

You might also like

Comments are closed.