Jaga Kesehatan Gigi, Pepsodent Ajak Keluarga Indonesia Hindari Makanan Lengket dan Gula

METROSEMARANG.COM – Pepsodent menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) di 57 lokasi bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) mulai 12 hingga 29 November 2017. Semarang menjadi kota pembuka rangkaian BKGN 2017.

Konferensi Pers Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) di RS Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang, Selasa (12/9). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Head of Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, Mirza Roesli menjelaskan BKGN tahun ini mengusung tema ‘Merdeka dari Gigi Berlubang’ dengan mengajak keluarga Indonesia memeriksakan kesehatan gigi secara teratur serta memilih asupan camilan bertekstur dan bernutrisi seimbang.

“Mengonsumsi camilan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula terutama yang lengket dapat menurunkan derajat keasaman mulut. Setelah mengonsumsi makanan yang manis, derajat keasaman mulut turun hingga di bawah pH kritis 5,5 dalam hitungan menit dan tetap rendah hingga 1 jam setelahnya,” papar Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Selasa (12/9).

Bila terjadi terus menerus, tambahnya, kondisi ini menyebabkan hilangnya mineral (email) pada gigi dan mengakibatkan terjadinya gigi berlubang.

Dia menganjurkan untuk memakan camilan dengan makanan bertekstur seimbang yang berserat, berkadar air tinggi serta berkalsium tinggi seperti produk susu dan turunannya. Dengan demikian, makanan berserat akan merangsang untuk melakukan gerakan mengunyah dan menjadi pembersih alami rongga mulut dan menetralisasi keasaman di rongga mulut dan menetralisasi keasaman di dalamnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.