Safety Riding jadi Ekskul SMK 7 Semarang

METROSEMARANG.COM – SMK Negeri 7 Semarang menjadikan pelatihan aman berkendara atau safety riding sebagai salah satu program ekstrakulikuler di sekolahnya. Tim Safety Riding Honda Jateng dan Polrestabes Semarang mengadakan pelatihan aman berkendara secara komprehensif di sekolah tersebut.

Pengenalan safety riding di SMK Negeri 7 Semarang. Foto: istimewa

Kepala Bagian Marketing Astra Motor Jateng Sukamto Margono mengatakan bahwa Honda ingin merasuki setiap lapisan masyarakat dengan perilaku aman berkendara.

“Berbagai teknik berkendara pun dikenalkan di SMK Negeri 7 Semarang, mulai dari teknik dasar seperti mounting dan dismounting (naik dan turun kendaraan) yang aman dan benar, termasuk memeriksa kendaraan dan memastikan postur tubuh yang baik saat berkendara,” paparnya, Jumat (15/9).

Selanjutnya diajarkan teknik yang lebih sulit, seperti teknik pengereman (breaking), guna mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan akibat salah teknik pengereman. Seperti ketika hendak melewati jalanan basah dan licin atau jalanan berliku.

Kemudian, juga diajarkan teknik keseimbangan di atas jalan sempit (narrow plank), dan teknik melewati jalanan bergelombang (bumpy road). Tak ketinggalan peserta juga akan dikenalkan teknik slalom course atau cara melakukan akselerasi serta handling kemudi.

Hingga saat ini, Astra Motor Jateng telah melakukan kerja sama dengan 60 sekolah di wilayah Jawa Tengah yang menjadi HSCS. Dimana pada tahun ini jumlah tersebut akan ditingkatkan, Safety Riding Honda Jateng menargetkan akan menambah 12 sekolah lagi. (ade)

You might also like

Comments are closed.