Dibuka Hari Ini, Tol Bawen-Salatiga Bisa Dilewati Gratis

METROSEMARANG.COM – Setelah sempat dibuka saat arus mudik Lebaran 2017 lalu, ruas Jalan Tol Bawen-Salatiga akhirnya kembali dibuka. Jalan sepanjang 17,6 km itu sementara dibuka kembali secara gratis mulai hari ini Jumat (15/9), hingga waktu yang belum ditentukan.

Ruas Tol Bawen-Salatiga mulai dioperasikan hari in, Jumat (15/9). Foto: dok Trans Marga Jateng

Meski demikian, untuk sementara hanya kendaraan umum (kecil) yang diperbolehkan melintas. Pengoperasian Ruas Bawen-Salatiga ini sekaligus menandai perubahan sistem transaksi tol nontunai.

“Ruas Jalan Tol Bawen-Salatiga akan dioperasikan tanpa tarif sampai dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang pemberlakuan tarif di ruas tersebut,” sebagaimana dikutip dari keterangan resmi yang dikeluarkan PT Trans Marga Jawa Tengah.

Kendati dioperasikan secara gratis, ruas Bawen-Salatiga dapat dipastikan memiliki Standar Pelayanan Minimum (SPM) Jalan Tol sudah terpenuhi.

Sarana dan prasarana ruas Bawen-Salatiga sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia nomor 16/PRT/M/2014 tanggal 17 Oktober 2014. (yas)

You might also like

Comments are closed.