Dishub Jelaskan Prosedur Penindakan e-Tilang CCTV

METROSEMARANG.COM – Dinas Perhubungan Kota Semarang bersama instansi terkait akan mulai melakukan penindakan pelanggar lalu lintas dalam sistem e-Tilang CCTV pada 25 September mendatang. Prosedur dalam penindakan tersebut perlu diketahui oleh masyarakat.

Ilustrasi. Penindakan e-Tilang CCTV akan diberlakukan mulai 25 September 2017. Foto: dok dishubkotasmg

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Mukhammad Khadiq mengatakan, kewenangan tindakan tilang bagi pelanggar nantinya ada di Satlantas Polrestabes Semarang. Prosedur penindakannya secara jelas juga berada di Satlantas.

Namun secara terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Semarang, Kusnandir, menjelaskan prosedur penindakan tilang terhadap pelanggar lalu lintas dengan penerapan sistem e-Tilang.

Menurutnya, data kendaraan pelanggar lalu lintas yang terekam CCTV ATCS  Kota Semarang berupa nomor plat kendaraan, waktu, dan tempat kejadian. ‘’Semuanya akan dikirim ke Dirlantas Polda Jateng,’’ katanya, Minggu (17/9).

Berdasarkan data tersebut Dirlantas Polda Jateng akan memproses kepemilikan dan alamat pemilik kendaraan. Kemudian dari data kepemilikan dan alamat kendaran tersebut, Satlantas Polrestabes Semarang akan mendatangi alamat tersebut untuk dilakukan pemeriksaan administrasi dan penindakan.

‘’Setelah berkas lengkap maka pengadilan akan menyidangkan. Adapun kedaluwarsa pelanggaran untuk disidangkan selama satu tahun,’’ jelasnya.

Kusnandir menambahkan, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik pasal 44, mengatakan bahwa data elektronik dapat dijadikan sebagai barang bukti. Dalam hal ini yaitu berupa foto rekaman pelanggaran. (duh)

 

 

 

 

You might also like

Comments are closed.