Suronan, Malam Nanti Pemkot Gelar Wayangan dan Kembul Bujono

METROSEMARANG.COM – Wayang kulit bertajuk Anoman Maneges akan digelar Pemerintah Kota Semarang untuk memperingati Tahun Baru 1 Muharam 1439 Hijriyah yang jatuh pada hari Kamis (21/9) besok. Acara dihelat di Halaman Balai Kota, Rabu (20/9), mulai pukul 20.00 WIB malam nanti.

Hendi-Ita berkomitmen untuk melestarikan budaya Jawa di Semarang. Pagelaran wayang kulit menyambut 1 Muharram 1439 H akan dipentaskan di Balai Kota, Rabu (20/9). Foto: metrosemarang.com/dok

Dalang wayang adalah Ki Anom Dwijo Kangko dan dimeriahkan oleh lawak Marwoto. Namun sebelum wayangan digelar, rencana akan diawali dengan istighosah yang dipimpin KH Fahrurozi.

Usai doa bersama, juga akan dilanjutkan tumpengan massal atau Kembul Bujono. Dengan menyediakan 100 buah tumpeng untuk disantap secara gratis oleh masyarakat yang hadir dalam acara.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Semarang, Achyani menerangkan, di samping nguri-uri budaya, serangkaian kegiatan dalam rangka pergantian Tahun Baru 1 Muharram 1439 H ini juga dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang diberikan kepada seluruh warga Kota Semarang.

”Pagelaran wayang kulit dan tumpengan ini gratis dan terbuka bagi masyarakat umum,” ujarnya.

Masyarakat Kota Semarang diharapkan dapat hadir guna meramaikan wayangan dan tumpengan tersebut. Sehingga kegiatan ini bisa menjadi momentum yang istimewa, di mana seluruh komponen masyarakat berkumpul dan bersatu.

”Insya Allah berkumpulnya seluruh komponen masyarakat di awal tahun baru 1 Muharram ini menjadi awal yang baik, untuk bersama-sama membangun Kota Semarang menjadi semakin baik dan semakin hebat,” jelas Achyani.

Rencana kegiatan ini juga akan dihadiri langsung oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi beserta jajaran Pemerintah Kota Semarang, Muspida, DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (duh)

You might also like

Comments are closed.