Pemkot Ingin Bangun Flyover di Perlintasan Sebidang Madukoro

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang berencana akan membangun jalan layang atau flyover di perlintasan sebidang Jalan Madukoro. Saat ini kajian terkait Detail Engineering Design (DED) pembangunan flyover tersebut sedang dilakukan.

Pemkot Semarang berencana membangun flyover di perlintasan sebidang Jalan Madukoro. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Iswar Aminudin mengatakan, rencana flyover ini termasuk satu kesatuan dengan pembangunan Jalan Madukoro yang sedang dikerjakan tahun ini. Flyover ini menjadi salah satu alternatif mengurangi kecelakaan di perlintasan sebidang.

‘’Apalagi nanti kalau Bandara Ahmad Yani selesai dibangun di 2018, maka Jalan Madukoro sebagai akses menuju ke bandara akan banyak sekali kendaraan yang melintasi rel kereta,’’ katanya, Kamis (21/9).

Saat ini pembangunan flyover tersebut, lanjut Iswar, sedang dalam pembicaraan intens mengenai desain jalan dengan pemerintah pusat. Sedangkan untuk pembuatan DEDnya sudah disiapkan anggaran senilai Rp 100 juta untuk kajian beberapa titik perlintasan sebidang.

‘’Kita masih terus melakukan rapat, informasi dari Dirjen Perkeretaapian nanti rel kereta api akan dinaikan ke atas. Sebab juga akan ada jalur kereta api cepat Semarang – Surabaya. Apakah kami yang bikin flyover dan PT KAI yang menaikkan jalur kereta ke atas, itu yang masih didiskusikan,’’ tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.