Rentan Terkena Stroke, Petugas Jasa Marga Manyaran Jalani Tes Kesehatan

METROSEMARANG.COM – Guna mendeteksi potensi gejala penyakit stroke, para pegawai PT Jasa Marga Cabang Semarang menggelar tes kesehatan secara bertahap, pada Jumat (22/9) siang.

Sosialisasi pembayaran nontunai di Gerbang Tol Gayamsari, Jumat (15/9). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Tes kesehatan itu dipimpin oleh Murwani Yekti, seorang spesialis bedah syaraf RS Roemani Muhammadiyah dan diikuti puluhan pegawai Jasa Marga di Gerbang Tol Manyaran.

“Tadi kita mengikuti rangkaian penyuluhan sekaligus sosialisasi kesehatan bagi para pegawai Jasa Marga. Ini penting demi meningkatkan pemahaman pegawai berkaitan dengan pemeriksaan dini mengantisipasi gejala stroke,” ungkap Aji Supriyo Hadi, Commodity Develoment Program, PT Jasa Marga Cabang Semarang yang bertugas di Gerbang Tol Manyaran.

Ia mengakui bahwa selama ini tak jarang para pegawainya kurang memahami gejala stroke yang setiap saat bisa mengancam nyawa manusia.

Makanya, petugas medis menggelar pemeriksaan menyeluruh mengenai penanganan stroke bertahap melalui tim medis yang tepat hingga tahap penyuluhan dan antisipasi yang harus dilakukan tiap pegawai.

“Ada sekitar 39 pegawai kami yang ikut penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Lagipula, aktivitas kita yang sangat padat menjadi sangat rentan terkena stroke. Kita selalu bekerja 24 jam nonstop dan tidak pernah mengenal waktu,” bebernya.

Ditambah lagi, kata Aji, buruknya kondisi kesehatan juga dipengaruhi kegiatan olahraga, makan dan gaya hidup yang tidak seimbang. “Saat long weekend kita juga masih dituntut siap siaga menangani hal-hal darurat di jalan tol,” akunya.

Untuk saat ini, perusahaannya memberikan fasilitas kesehatan penunjang untuk mengantisipasi gejala stroke. Tiap tahun, Jasa Marga rutin menggelar uji kesehatan untuk memastikan kesehatan semua pegawai tetap prima.

“Kita cek tekanan darah. Kita juga petugas medis yang bersiaga untuk memeriksa kesehatan 166 pegawai Jasa Marga yang bertugas di Tol Manyaran,” katanya. (far)

You might also like

Comments are closed.