Cegah Kejahatan Jalanan, Polrestabes Semarang Gelar Operasi Sikat Candi

METROSEMARANG.COM – Jajaran Polrestabes Semarang menggelar Operasi Sikat Candi 2017 untuk memberantas kejahatan jalanan. Operasi dilaksanakan selama 20 hari mulai Senin (25/9) hingga Minggu (15/10) mendatang.

Kompol Suwarna
Foto: metrosmarang.com/efendi mangkubumi

Kasubag Humas Polrestabes Semarang Kompol Suwarna mengatakan, operasi ini juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polsek di wilayah Kota Besar Semarang. Sasarannya antara lain pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

“Jadi di setiap Polsek nanti juga melaksanakan operasi ini, termasuk juga meningkatkan fungsi babinkamtibmas untuk mengaktifkan kembali siskamling di kampung-kampung dan perumahan,” ujar Suwarna saat ditemui di Mapolrestabes Semarang, Senin (25/9).

Dalam operasi ini, pihak Polrestabes Semarang melibatkan seluruh satuannya. Patroli juga dilakukan lebih intensif untuk mengurangi tindak kejahatan jalanan itu.

“Untuk satuan lalu lintas juga tetap menggelar razia, barangkali disitu bisa mengungkap pelaku pencurian kendaraan bermotor dan untuk reserse tetap mobiling,” imbuh Suwarna.

Selain itu, dalam Operasi Sikat Candi 2017 ini pihak Polrestabes Semarang juga akan meningkatkan dan mengktifkan Kring Serse untuk menekan tinkat kriminalitas.

“Meningkatkan aktifitas Kring Serse, juga melakukan patroli baik dari Unit Shabara Polrestabes Semarang hingga polsek juga bersinergi untuk menjaga wilayah masing-masing,” beber Suwarna.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan beberapa waktu terakhir paling tidak ada sekitar 10 laporan masyarakat dalam sehari.

“Kebanyakan laporan yang masuk itu kejahatan jalanan seperti penjambretan, perampasan dan beberapa lainnya. Sehingga kami akan meningkatkan lagi pengawasan terutama di wilayah-wilayah yang rawan terjadinya kriminalitas,” pungkasnya. (fen)

You might also like

Comments are closed.