Darurat Kekeringan, Ratusan Warga Desa Ini Dapat Dropping Air

METROSEMARANG.COM – Bencana kekeringan panjang membuat ratusan warga Dusun Legaran Gunung, Desa Jatirunggo, Kabupaten Semarang mendapat pasokan air bersih, pada Selasa (26/9).

Foto: istimewa

Pemberian air bersih dilakukan langsung oleh perwakilan DPD Serikat Pekerja (SP) PLN Jawa Tengah dan Yogyakarta. Hal ini sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap warga yang terdampak kekeringan.

“Dropping 6.000 liter air bersih diberikan kepada sejumlah kepala keluarga di Dusun Legaran Gunung,” kata Ketua DPD SP PLN Jawa Tengah dan Yogyakarta, Rudy Setyobudi.

Dropping air bersih merupakan upayanya untuk menanggulangi bencana kekeringan panjang yang melanda Jawa Tengah. Apalagi, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah menyebut ada 123 desa yang ditetapkan status darurat kekeringan.

Ia mengungkapkan hal yang sama dilakukan oleh DPC SP PLN Yogyakarta di Desa Mancasan Kanigoro dan Desa Ambar Ketawang, Sleman Rabu besok.

“Saya berharap bantuan ini dapat membantu meringankan masyarakat yang terkena dampak kekeringan, total bantuan air bersih yang diberikan oleh DPD SP PLN sebanyak 18.000 Liter yang meliputi wilayah Kabupaten Semarang dan Yogyakarta,” terangnya.

Sedangkan, Kepala Desa Jatirunggo, Nurokhim, menyambut baik pemberian pasokan air bersih di wilayahnya. Ia mengatakan Dusun Legaran Gunung jadi daerah terparah yang terkena bencana kekeringan.

“Seberapapun bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami dan mudah mudahan menjadi amalan baik,” jelasnya

Ali Mustofa, warga dusun setempat mengaku air bersih yang diberikan akan digunakan untuk mandi, memasak, dan minum.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada serikat pekerja PLN karena sudah memberi bantuan kepada kami, mudah-mudahan bermanfaat,” ujar Ali. (far)

You might also like

Comments are closed.