Permudah Izin Melaut, KKP Kumpulkan Pengusaha Kapal Jateng

METROSEMARANG.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar pertemuan dengan puluhan pengusaha kapal di Jawa Tengah untuk menyosialisasikan perizinan penangkapan ikan yang ada di perairan Indonesia.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Direktur Pengendalian Penangkapan Ikan Ditjen Perikanan Tangkap KKP, Saifuddin mengatakan ada sejumlah perizinan tangkap ikan yang saat ini akan direvisi.

“Kami telah mewajibkan kepada semua pemilik kapal untuk mengukur ulang kapalnya. Sementara ini sudah ada 2.200 kapal yang diukur ulang oleh petugas kami di Jakarta. Ini penting agar pihak-pihak terkait dapat menyepakati izin penangkapan ikan di perairan lepas termasuk yang ada di Jawa Tengah,” ujar Saifuddin, saat menggelar pertemuan dengan para pengusaha kapal di Novotel Semarang, Kamis (28/9).

Ia menjelaskan adanya perubahan perizinan tangkap ikan demi memudahkan nelayan dan pemilik kapal untuk mendapatkan izin melaut. Ia memberi toleransi selama enam bulan bagi para pemilik kapal untuk mengganti alat tangkap yang ramah lingkungan.

Tak hanya itu saja, lanjutnya. Dalam pertemuan dengan pengusaha ikan juga dimaksudkan mencari mekanisme permodalan kredit pengalihan alat tangkap ikan.

“Kami selama satu dua hari ke depan akan menyepakati dengan para pengusaha dan nelayan bagaimana mekanismenya mencari peluang untuk mendapat kredit. Jika kita sepakat maka bisa memberi izin wilayah tangkap per provinsi. Kami akan memfasilitasi pemberian izin wilayah tangkap ikan,” jelasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.