Himbara Siapkan 23 Ribu e-Money untuk Gerbang Tol Gayamsari dan Muktiharjo

METROSEMARANG.COM – Pada 30 September 2017 dua gerbang tol, yaitu Gayamsari dan Muktiharjo sudah menggunakan pembayaran nontunai mulai pukul 06.00. Sebanyak 23.000 kartu disiapkan untuk mengantisipasi para pengendara yang belum memiliki kartu e-money.

Himpara siap sediakan 23.000 kartu e money untuk pemberlakuan pembayaran nontunai di Gayamsari dan Muktiharjo pada 30 September 2017 mendatang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Himpunan Bank Negara (Himbara) yang terdiri dari BRI, BNI, BTN dan Mandiri menyatakan kesiapannya dalam menyediakan jumlah tersebut. Rencananya, Jasa Marga akan mengalokasikan 10.000 kartu untuk gerbang tol Gayamsari dan 13.000 lainnya untuk pintu Tol Muktiharjo.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Bank Indonesia sebagai koordinator kami (Himbara). Kami nyatakan siap,” kata CEO Bank Mandiri Jateng dan DIY Maqin Norhadi, Kamis (28/9).

Sementara itu, General Manager Jasa Marga Cabang Semarang, Dwi Winarsa, tidak khawatir akan mengalami kekurangan kartu di dua pintu tol tersebut. Hal itu dikarenakan kedua pintu tol tersebut yang memiliki jumlah terkecil dalam hal transaksi dibanding Manyaran dan Tembalang.

Saat ini, minat masyarakat menggunakan kartu sebagai pembayaran meningkat. Tiga bulan lalu, tercatat hanya 20 persen pembayaran yang menggunakan nontunai. Namun saat ini sudah memasuki angka 38 persen.

Diprediksi pascapenerapan pembayaran nontunai di Tol Gayamsari dan Muktiharjo penggunaan e-money akan terus meningkat, mengingat pada 31 Oktober 2017 mendatang diberlakukan 100 persen nontunai.

“Kami juga memberikan diskon hingga akhir bulan ini. Pembelian seharga Rp 50.000 akan mendapatkan kartu dengan saldo Rp 40.000. Jika pada hari biasa hanya akan mendapat Rp 30.000 karena yang Rp 20.000 digunakan untuk mengganti biaya kartunya,” papar Maqin. (ade)

You might also like

Comments are closed.