Semarang Butuh Minimal 5 Armada Bus Wisata

METROSEMARANG.COM – Peluncuran secara resmi Bus Wisata Semarang mendapatkan apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang. Diharapkan bus wisata ini akan meningkatkan pelayanan di sektor pariwisata sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Semarang.

Wali Kota Semarang bersama wakil wali kota dan Muspida membuka kerudung saat launching bus tingkat wisata, Senin (2/10). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Namun demikian, keberadaan bus wisata yang baru ada satu armada dinilai belum ideal dengan jumlah destinasi wisata di Semarang yang cukup banyak. Saat ini baru obyek-obyek wisata tertentu yang dijangkau oleh bus wisata Semarang tingkat dua (double decker) ini.

”Idealnya agar mencukupi untuk menjangkau destinasi-destinasi wisata yang ada di Semarang dan sekitarnya, minimal butuh 5 armada bus wisata. Apalagi melihat minat dan kebutuhan masyarakat,” Kata Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, Senin (2/10).

Diharapkan ke depan jumlah armada bus wisata Semarang bisa ditambah, tidak hanya ada satu unit. Sebab selain destinasi wisata Semarang cukup banyak, animo masyarakat khususnya para pelancong untuk naik bus wisata yang baru diluncurkan juga cukup tinggi.

”Terbukti sudah banyak warga yang inden mau naik bus wisata untuk berkeliling tempat-tempat wisata di Kota Semarang,” ujarnya.

Supriyadi juga menambahkan, diharapkan nantinya bus wisata Semarang tidak hanya melayani kunjungan ke tempat-tempat wisata yang ada di Kota Semarang. Tapi juga tempat-tempat wisata yang ada di daerah sekitarnya yaitu Kabupaten Kendal, Demak, Grobogan dan Kabupaten Semarang.

”Tadi sudah ada MoU (kesepakatan) antara Pemkot Semarang dan Pemkab Kendal. Kami berharap dikembangkan juga dengan daerah penyangga lainnya. Kalau belum bisa pakai bus wisata, bisa dengan BRT untuk mengantar wisatawan,” katanya.

Menurutnya, Kota Semarang bisa menjadi pelopor adanya integrasi kunjungan tempat-tempat wisata ini. Sebab di daerah-daerah penyangga juga ada destinasi yang layak dikunjungi, seperti di Grobogan ada Api Mrapen dan di Demak ada Masjid Agung Demak.

”Dan yang lebih penting lagi, harus ada tour guide atau pemandu wisata di bus wisata yang bisa mengarahkan dan menunjukkan destinasi wisata Semarang kepada wisatawan,” tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.