Dinas Perdagangan Sosialisasikan e-Bayar kepada PKL Simpang Lima

METROSEMARANG.COM – Dinas Perdagangan Kota Semarang menggandeng BNI 46 melakukan sosialisasi pelaksanaan pembayaran elektronik atau e-Bayar kepada para PKL di Shelter Simpang Lima, Selasa (10/10) malam. Dalam sosialisasi ini juga dipasang 46 alat Electronic Data Capture (EDC) untuk transaksi pembayaran non tunai kepada para PKL.

Sosialisasi e-Bayar kepada PKL Simpang Lima. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Dalam sosialisasi petugas bank dan Dinas Perdagangan satu persatu mendatangi pedagang di shelter Simpang Lima. Alat berupa EDC tersebut nantinya akan digunakan pembeli untuk melakukan transaksi pembayaran melalui kartu debit, kredit, maupun tapcash.

Pedagang nampak antusias mempraktikkan dan terus mencoba sistem baru ini. Meski awalnya sulit mereka yakin akan mampu menguasai sistem non tunai ini. ”Saya yakin nanti bisa, ini kan sama kayak gadget, lama kelamaan pasti bisa,” kata seorang PKL penjual bakso Sugeng Bibit.

Pria yang telah berjualan di kawasan Simpang Lima sejak 2001 ini, mengaku sering ditanyai pembeli tentang pembayaran non tunai. Karena kebanyakan yang makan di shelter Simpang Lima merupakan wisatawan yang jarang membawa uang cash dengan nilai banyak.

“Sempat beberapa kali ditanyai bisa Nggesek (non tunai) ndak mas. Tapi kami jawab belum bisa pak. Nah ini kok malah difasilitasi dinas, kami sangat terbantu,” ungkapnya.

Taufik Prasetyo, pedagang lainnya juga merasa setuju dengan adanya sistem pembayaran non tunai ini. Selain aman dari peredaran uang palsu, dia menilai dapat membuat pedagang tidak perlu membawa uang tunai dalam julah besar yang rawan adanya tindakan kriminal.

Namun, dia mengatakan pembayaran dengan alat EDC membutuhkan waktu dan ketelitian. Karenanya kedatangan petugas bank sangat membantu dirinya memahami simbol-simbol yang ada di alat transkasi non tunai tersebut.

”Kita masih belajar memahami kode dan simbol-simbol di EDC. Bimbingan dari petugas bank sangat membantu,” katanya.

Dinas Perdagangan sendiri, menargetkan pada akhir bulan ini akan ada 80 PKL di Shelter Simpang Lima yang bisa difasilitasi alat pembayaran non tunai oleh BNI 46. (duh)

You might also like

Comments are closed.