46 Unit EDC Sudah Terpasang di PKL Simpang Lima

METROSEMARANG.COM – Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto menyatakan saat ini sudah ada sebanyak 46 unit Electronic Data Capture (EDC) yang ditempatkan di pedagang kaki lima (PKL). Alat tersebut untuk mendukung adanya transaksi pembayaran nontunai atau pembayaran secara elektronik (e-Bayar).

PKL Simpang Lima sedang mendaftar pembukaan rekening untuk bisa menerapkan e-Bayar di Kantor Dinas Perdagangan, Jumat (6/10). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Pemasangan alat pembayaran nontunai tahap pertama tersebut rinciannya, di antaranya adalah di  shelter PKL Simpang Lima ada 15 unit, PKL Taman KB 16 unit, dan PKL Matahari sebanyak 15 unit. Jumlah ini akan terus dikembangkan.

”Kita akan kembangkan sehingga diharapkan semua PKL bisa menerima pembayaran non tunai. Khusus untuk di PKL Simpang Lima, kita rencanakan bulan Oktober ini semuanya sudah terpasang alat EDC,” kata Fajar, Rabu (11/10).

Dia menjelaskan, pemasangan EDC ini karena sekarang pembayaran nontunai sudah banyak dilakukan masyarakat. Apalagi Simpang Lima saat ini sudah menjadi jujugan pelancong dari dalam dan luar kota untuk berwisata kuliner. Dan mereka banyak yang menggunakan nontunai dalam bertransaksi.

”Kebijakan ini sekaligus juga untuk mendukung pengembangan program smart city. Pedagang juga aman terhindar dari peredaran uang palsu dan perampokan,” tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.