582 Rumah Tangga di Gayamsari Buang Air Besar Sembarangan

METROSEMARANG – Sebanyak 582 rumah tangga di Kecamatan Gayamsari hingga saat ini tercatat masih melakukan buang air besar (BAB) sembarangan. Dari tujuh kelurahan yang ada di wilayah kecamatan ini jumlah rumah tangga yang masih BAB sembarangan paling besar ada di Kelurahan Tambakrejo.

jamban
Ilustrasi

Di kelurahan yang didominasi tambak dan aliran sungai ini tercatat ada 413 keluarga yang belum ODF atau Open Defecation Free (ODF). ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan alias sudah punya jamban yang layak dan sehat.

Meski demikian Camat Gayamsari, Didik Dwi Hartono yakin tahun 2018 ini persoalan tersebut bisa diatasi. ‘’Saat ini memang masih ada ratusan rumah tangga yang belum ODF, terbesar di Tambakrejo. Namun kami optimis tahun ini bisa selesai semua,’’ ujar Didik Dwi Hartonio, Minggu (29/4).

Saat ditemui usai deklarasi Germas Hidup Sehat di Kecamatan Gayamsari, Didik Dwi Hartono mengatakan, bersama Puskesmas Gayamsari dan stakeholder lain, pihaknya terus berupaya menyelesaikan masalah tersebut.

“Salah satunya melalui deklarasi ini, diharapkan masyarakat tergugah untuk menerapkan pola hidup sehat salah satunya tidak BAB sembarangan, baik di sungai maupun tambak,” katanya. Deklarasi Germas Hidup Sehat Kecamatan Gayamsari ini dihadiri ketua Forum Kota Sehat Tia Hendrar Prihadi.

Dalam amanatnya Tia Hendrar Prihadi menegaskan, betapa pentingnya menerapkan pola hidup sehat termasuk dengan tidak membuang air besar sembarangan. Pasalnya, banyak dampak yang timbul jika masih melakukan hal yang tidak sehat itu.

“Ke depan kami akan terus berupaya agar Kota Semarang bisa 100 persen ODF, kami optimis, target tersebut bisa dicapai pada tahun 2018 ini,” katanya. Pihaknya berharap masyarakat ikut berpartisipasi dalam program yang bermanfaat ini. (duh)

Comments are closed.