6.032 Botol Miras Digilas Jogjig

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 6.032 botol miras berbagai jenis dimusnahkan di Lapangan Bhayangkara Polrestabes Semarang, Jumat (26/5). Ribuan botol miras tersebut merupakan hasil temuan dari Operasi Cipta Kondisi yang dilaksanakan oleh jajaran Polrestabes Semarang dalam kurun waktu satu minggu terakhir.

Pemusnahan miras di Lapangan Polrestabes Semarang, Jumat (26/5). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Wakapolrestabes Semarang, AKBP Setijo Nugroho mengatakan, dengan dimusnahkannya ribuan botol miras ini mampu meningkatkan kondusivitas warga Kota Semarang khususnya, dalam menjalankan ibadah puasa nantinya. “Ini kegiatan operasi juga tidak akan berhenti, karena penyakit masyarakat itu akan terus ada, kita melakukan dari sebelum bulan Ramadan hingga setelah Lebaran nanti,” ujarnya.

Selain itu, Setijo juga mengatakan, peningkatan jumlah miras dari tahun lalu bisa dilihat dari dua sisi. Di tahun 2016 lalu sebanyak 4.695 botol dimusnahkan, dan di tahun ini mengalami peningkatan yang lumayan tinggi.

“Seperti yang Pak Wali (Hendrar Prihadi) katakan tadi ada dua sisi yang bisa diambil, yang pertama kinerjanya semakin baik, yang kedua peredaran masih ada dan semakin banyak, dan tentunya kita akan terus melakukan tindakan tersebut dengan harapan selama bulan Ramadan seluruhnya bisa kondusif,” ujar Setijo.

Selain itu di saat bulan Ramadan nanti, pihak kepolisian juga telah mempersiapkan pengamanan di tempat pemukiman saat ditinggal ibadah tarawih. “Tak hanya tarawih sebenarnya, saat Jumatan pun kita juga telah melakukan pengamanan-pengamanan di permukiman warga baik dari polwan maupun agama lain yang tidak melaksanakan ibadah,” beber Setijo.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan pengamanan pada rumah warga saat ditinggal keluar untuk beribadah di bulan puasa nanti. Pasalnya beberapa pelaku kejahatan kerap memanfaatkan kelalaian masyarakat saat di tinggal tarawih.

“Selain itu dari kami ada Tim Elang yang siap bergerak mulai dari jam 9 malam hingga subuh, tentunya ini pun juga akan berupaya melakukan antisipasi apa atau dugaan apapun atau prioritas kejahatan yang mungkin terjadi,” pungkas Setijo.

Ribuan botol miras itu dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan stom atau jogjig. Pemusnahan miras tersebut juga dihadiri jajaran Muspida Kota Semarang. (fen)

You might also like

Comments are closed.