6.100 Tenaga Honorer Pertanian Diangkat Jadi PNS

METROSEMARANG.COM – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengangkat 6.100 Tenaga Harian Lepas- Tenaga Bantu (THL-TB) penyuluh pertanian menjadi pegawai negeri pada Selasa (11/4). Proses pengangkatan itu dilakukan Amran dengan memberikan SK Pengangkatan secara simbolis yang didampingi Gubernur Ganjar Pranowo di Kabupaten Semarang.

Foto: Twitter @humasjateng

Ia menyebut pengangkatan ribuan penyuluh pertanian karena mempertimbangkan faktor kebutuhan yang ada di lapangan saat ini. Sebab, kini hanya ada 23 ribu penyuluh, jumlahnya njomplang dari kebutuhan secara keseluruhan mencapai 70 ribu orang.

“Sebagian besar juga sudah berumur di atas 50 tahun, sehingga sebentar lagi pensiun,” ujar Amran.

Karena itulah, ia bilang Presiden Jokowi akhirnya meneken pengangkatan THL-TB setelah berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Terlebih lagi, ia cukup mengapresiasi kinerja para tenaga penyuluh pertanian yang gigih turun ke desa-desa untuk meningkatkan produksi beras.

Menurutnya selama badai El Nino menerjang Indonesia, pemerintah tidak impor beras padahal kala diterjang pada 1998 mengimpor hingga 12 juta ton. “Sehingga sudah dua tahun tak impor beras, impor jagung menurun, dan mampu mengekspor bawang,” ungkap Amran.

Ia juga gembira melihat stok beras aman karena memiliki tiap daerah lumbung padi punya cadangan yang cukup.

“Negara lain datang mulai dari Malaysia, Jerman, Taiwan, bahkan lembaga PBB, FAO juga mengapresiasi Indonesia karena mampu melewati badai El Nino, dan itu semua berkat kerja penyuluh,” terangnya, seraya mengimbau para penyuluh pertanian agar tetap meningkatkan kinerjanya demi mengentaskan kemiskinan petani. (far)

You might also like

Comments are closed.