6 Cara Mudah Menghemat Biaya Hosting untuk Laman Bisnis Anda

Hati-Hati Sebelum Memilih

Kualitas sever akan sangat mempengaruhi performa website bisnis Anda. Tidak jarang ada website bagus ternyata loadingnya lambat karena servernya jelek.

LAYANAN hosting yang Anda pakai untuk sebuah website akan sangat berpengaruh pada kinerja website tersebut. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam menentukan hosting untuk sebuah website. Terlebih jika website tersebut untuk keperluan bisnis.

Ilustrasi sumber: GMedia.net.id

Tim GMedia, penyedia jasa layanan internet, merangkum cara mudah menghemat pengeluaran saat menyewa hosting untuk website bisnis Anda. Simak berbagai tips berikut:

Pertama, ketahui kebutuhan hosting website Anda. Hal ini untuk menentukan performa website dan efisiensi pengeluaran. Secara umum, ada 4 tipe hosting website dengan spesifikasi yang berbeda-beda, yaitu; shared hosting, Virtual Private Hosting, Dedicated Hosting, Cloud Hosting.

Kedua, jika website Anda masih baru akan dibuat, maka sebaiknya gunakan tipe shared hosting karena lebih murah. Anda bisa melakukan upgrade bila suatu saat website milik Anda butuh spesifikasi hosting yang lebih tinggi.

Ketiga, perhatikan kapasitas bandwidth yang ditawarkan oleh hosting provider, apakah terbatas atau unlimited. Sebaiknya pilih hosting yang menawarkan kapasitas bandwidth unlimited sehingga website Anda dapat tetap online meskipun saat trafik sedang melonjak.

Keempat, kualitas sever akan sangat mempengaruhi performa website bisnis Anda. Tidak jarang ada website bagus ternyata loadingnya lambat karena servernya jelek. Bagaimana cara menentukan parameter kualitas sever? Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan lokasi servernya, misalnya lokasi server di Indonesia, Singapura, Amerika, Perancis, dan lain-lain.

Bila target market website ada di Indonesia maka sebaiknya gunakan hosting dengan server terdekat, misalnya di Indonesia atau Singapura. Selain lokasi server, perhatikan juga kapasitas RAM dan network speed karena itu juga akan mempengaruhi kecepatan loading website.

Kelima, perhatikan keamanan. Hosting provider yang profesional umumnya memiliki sistem keamanan yang cukup baik agar keamanan situs klien tetap terlindungi dari serangan hacker.

Keenam, Anda juga akan membutuhkan hosting provider dengan support pelanggan yang siap 24 jam sehari membantu menyelesaikan masalah website. Selain membantu masalah utama pada website Anda, sebagai pemilik bisnis Anda akan merasa lebih tenang.


Artikel ini dipublikasikan atas kerjasama dengan Internet Service Provider, GMedia

You might also like

Comments are closed.