6 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

jahe merah

JAHE merah atau zingiber officinale var rubrum merupakan salah satu jenis jahe yang memiliki kandungan minyak asirin dan lainnya yang sangat kuat. Ukurannya kecil dibandingkan jahe biasa dan memiliki daging berwarna merah. Jahe merah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan Anda. Berikut ulasannya.

1. Mengatasi Rematik

Dalam jahe merah terdapat kandungan yang dapat mengurasi rasa sakit dan bengkak seperti rematik, encok, keseleo. Cara sedunya, rebus beberapa rimpang jahe merah dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan komfrey. Kemudian rebus sampai mengental (misal dua gelas air menjadi satu gelas air saat direbus) dan minumlah dua hari sekali.

2. Menyembuhkan Batuk

Sifat jahe yang hangat dapat meredakan batuk dan mengatasi radang tenggorokan.

3. Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Kandungan yang terdapat dalam jahe merah juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, membuang racun dan menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat caranya bersihkan wajah, lalu oleskan jahe merah ke seluruh bagian yang berjerawat sampai keluar cairan minyaknya. Kemudian tutup muka dengan irisan jahe merah. Diamkan 15 menit dan bersihkan.

5. Meredakan Sakit Kepala

Untuk meredakan sakit kepala caranya, rebus jahe merah lalu minum dan hisap aromanya untuk menenangkan hati maka sakit kepala akan hilang.

6. Membantu Diet

Cara untuk diet minumlah jahe merah secara rutin. Sebab jahe merah dapat membantu membakar lemak di perut dan mengurangi nafsu makan.

Itulah sedikit dari manfaat jahe merah. Sebenarnya banyak sekali manfaat jahe merah untuk kesehatan. Penggunaan bahan alami sebagai obat dan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu pilihan tepat. Carilah jahe merah di pasar tradisional jika ingin menyeduhnya sendiri, sedangkan yang produk instan telah tersedia di pasar modern. Sehat tidak harus mahal. (die)

You might also like

Comments are closed.