7 Hal Penyebab Sulitnya Menemukan Jodoh

image

BANYAK di antara anak muda saat ini yang seolah kesulitan menemukan soulmate sejatinya. Padahal, begitu banyak cowok dan cewek yang saling mencari Mr dan Mrs Right, namun tak jua menemukannya.

Lebih lagi, sebenarnya keberadaan mereka berada tidak jauh di sekitar kita. Namun beberapa hal membuat tingkat kesulitan mencari jodoh, seolah berada di level tertinggi.

Tujuh hal berikut adalah faktor-faktor yang mungkin menyebabkan anak muda jaman sekarang sulit menemukan cinta sejatinya.

1. Susah move on

Bayangan akan mantan, memang sulit dihilangkan. Bayang-bayang itu bahkan selalu menghantui saat kita mencoba mendekat pada hati dan sosok baru.

Menghilangkan bayangan mantan adalah cara paling jitu agar kita bisa move on sekaligus menjalani cinta baru. Bukan hanya bayangannya, namun setiap gerak-gerik bahkan jika perlu semua barang pemberiannya, juga ikut kita hapuskan dari hidup kita.

2. Belum menemukan sosok yang benar-benar tepat

Menemukan sosok yang benar-benar tepat memang tidak mudah. Selain butuh pengalaman serta perjalanan waktu, menemukan orang yang benar-benar mengerti kondisi kita, adalah hal yang sulit.

Namun jika tidak berani mencoba menjajaki hati calon pasangan, kita juga tidak akan pernah dapat menemukan sosok yang benar-benar tepat bagi pendamping hidup kita di masa depan tersebut.

3. Takut melukai hati

Trauma dan pengalaman buruk di masa lalu serta kisah cinta yang menyakitkan, kadang membuat seseorang takut memulai lembaran cinta yang baru. Perasaan takut terluka atau bahkan takut melukai hati calon pasangan, seringkali membayang.

Apalagi jika percintaan lama meninggalkan luka cukup dalam. Padahal sebenarnya, belum tentu juga akhir percintaan tersebut akan berakhir dengan duka, sebelum semua dijalani lebih dulu.

4. Memiliki standar tinggi

Memiliki standar terlalu tinggi terhadap calon pasangan pendamping hidup, seringkali menghambat kita membuka hati bagi calon soulmate. Ada baiknya menurunkan standar bagi calon pendamping hidup, meski bukan berarti banting harga lo.

5. Tidak memiliki keberanian memulai sesuatu yang baru

Faktor ini hampir mirip dengan takut melukai perasaan calon pasangan. Bedanya, pada beberapa orang, tingkat kenyamanan yang sudah diperolehnya bersama mantan, seringkali terbawa dalam keseharian. Keinginan menghadirkan suasana dan hubungan yang nyaman tersebut, tidak jarang justru akan membatasi menuju arah move on.

6. Terlalu banyak terpengaruh kisah cinta yang ideal

Terlalu banyak menonton cerita cinta di televisi, film atau membaca novel romansa, seringkali membuat kita terpengaruh untuk mendapatkan kisah serupa yang seolah ideal. Padahal belum tentu kisah-kisah tersebut dapat diterapkan dengan baik dalam kehidupan cinta kita. Masing-masing punya jalan berbeda, cara yang tidak sama dalam menjalani kisah cintanya.

7. Memiliki prioritas lain

Banyak anak muda yang saat ini lebih mementingkan hal lain selain percintaan untuk dicapai lebih dulu. Bisa karier, sekolah, kuliah atau prioritas lainnya.

Tidak ada salahnya juga mementingkan prioritas tersebut karena sebagian orang berpikir, cinta bisa dengan mudah diraih jika kesuksesan sudah terengkuh lebih dulu. (Gus Wahid)

 

Simak tips cinta lainnya melalui twitter @cintadanromansa.

You might also like

Comments are closed.