7 Tips Mencegah Dampak Negatif Internet di Lingkungan Sekitar

Aktifkan Fitur Parental Control

Sekalipun Anda telah melarang, hal tersebut akan sulit dilakukan mengingat perbedaan zaman yang terlihat saat ini.

PERKEMBANGAN jaringan komputer telah memberikan banyak dampak pada aktivitas masyarakat. Meskipun terlihat menyenangkan, perkembangan jaringan internet ini memiliki dampak positif dan negatif internet khususnya pada anak-anak. Hal tersebut bisa Anda lihat dari beberapa tahun terakhir ini. Sebagian besar anak-anak telah memegang dan memainkan smartphone milik orang tuanya ataupun saudaranya.

Smartphone yang tidak memiliki filter dapat memberikan dampak yang buruk pada perkembangan anak-anak. Sekalipun Anda telah melarang, hal tersebut akan sulit dilakukan mengingat perbedaan zaman yang terlihat saat ini. Berikut adalah pencegahan dampak buruk tersebut :

ilustrasi.                                                                                                                     sumber: gmedia.net.id

 

Ajak anak bermain gadget di tempat ramai

Cara paling ampuh untuk mencegah anak membuka situs-situs terlarang adalah dengan mengajaknya di tempat-tempat ramai. Jika dirumah, maka Anda bisa melakukannya di ruang keluarga. Perlu Anda perhatikan bahwa jangan sampai anak menggunakan komputer atau laptop di kamar sendirian. Sebab, hal semacam itulah yang membuka kesempatan bagi anak untuk mencuri kesempatan.

 

Aktifkan fitur parental control

Di dalam komputer maupun smartphone telah disediakan sebuah fitur yang bernama parental control. Fitur ini digunakan sebagai “pengawas” yang dapat menggantikan orang tua untuk menjaga anak-anaknya dalam bermain gawai. Maka dari itu, fitur ini sangat berguna ketika si anak mencoba membuka situs-situs terlarang secara sembunyi-sembunyi, namun pada akhirnya tidak bisa karena fitur parental controlnya telah diaktifkan.

 

Perbanyak aplikasi-aplikasi yang bermanfaat untuk anak

Anda dapat sebisa mungkin memasang aplikasi yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi anak. Jika anak menyukai game, maka pasanglah game yang lebih memacu daya ingat serta kreativitas anak. Anda juga bisa memasang aplikasi e-learning berbasis android di smartphone sehingga anak pun dapat belajar sambil bermain.

 

Ikut memberikan pembelajaran internet pada anak

Mengingat akses internet dapat digunakan oleh siapapun dan dalam usia apapun, maka Anda sebagai orang tua mau tidak mau harus ikut terjun dalam mengetahui seperti apa dan bagaimana internet saat ini. Jika Anda sebagai orang tua tidak dapat mengetahui hal tersebut, bagaimana bisa memberikan edukasi pada anaknya. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, Anda perlu untuk memberikan pembelajaran cara yang baik saat menjelajah di internet. Berikan juga edukasi mengenai apa saja dampak positif dan negatif internet pada anak Anda.

 

Sering-seringlah bermain gadget dengan anak

Salah satu kesalahan fatal dari orang tua adalah membiarkan anaknya bermain gadget seorang diri. Hal tersebut tentunya membuka peluang besar bagi anak untuk membuka hal-hal yang belum cukup umurnya. Cara yang paling tepat adalah mendampinginya saat dia bermain dengan gadget. Akan jauh lebih baik jika Anda juga ikut dalam memberikan informasi mengenai apa yang sedang dilihat oleh anak sehingga ada interaksi antara orang tua dan anak.

 

Sering cek gadget anak

Jika anak sudah diberikan gadget baik itu smartphone maupun komputer, maka sebagai orang tua Anda perlu untuk melihat apa saja yang sering ditonton oleh anak di dalam gadgetnya. Meskipun seperti itu, sebagai orang tua juga harus memberikan kepercayaan penuh kepada anak agar dapat bertanggung jawab terhadap gadgetnya. Jika ditemukan hal-hal yang mencurigakan, maka Anda dapat membicarakannya secara baik-baik pada anak.

 

Gunakan aplikasi pemblokis situs terlarang

Apabila komputer dan gadget Anda tidak memiliki sebuah fitur parental control, maka Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi khusus untuk memblokir situs-situs yang berbahaya untuk anak. Contohnya saja, Anda dapat menggunakan firewall, proxy, maupun aplikasi-aplikasi lainnya. Hal tersebut dapat memberikan rasa aman terhadap jangkauan anak-anak.

 

Artikel ini dipublikasikan atas kerjasama dengan GMedia

You might also like

Comments are closed.