783 Siswa di Jateng Raih Angka 100 untuk UN Matematika SMA Sederajat

SEMARANG – Ujian Nasional untuk SMA dan sederajat dengan mata uji matematika pada tahun ini sempat menjadi pembicaraan terhangat di media sosial. Para peserta mengeluhkan tingkat kesulitan soal. Hal yang dijawab oleh Menteri Pendidikan Muhajir Efendi dengan penjelasan bahwa pihaknya menyisipkan beberapa soal matematika berstandar high order thinking skill (HOTS).

Namun ternyata, hasilnya tak begitu mengecewakan untuk Jawa Tengah. Sebanyak 783 peserta ujian nasional (UN) setingkat SMA sederajat mampu meraih nilai sempurna untuk mata uji matematika.

UN Matematika jateng
Ketua Panitia Ujian Nasional SMA sederajat wilayah Jawa Tengah, Sulistyo, saat memberikan keterangan di kantor Dinas Pendidikan Jateng. (foto: metrojateng.com/Farz Fardianto)

“Ada beberapa anak mengatakan matematika itu sulit tapi banyak yang mendapat nilai 100. Di MA ada 4 siswa, SMA 109 Siswa, dan SMK 670 siswa,” kata Ketua Panitia Ujian Nasional SMA sederajat wilayah Jawa Tengah, Sulistyo.

Menurutnya, mata pelajaran matematika yang diikutsertakan di UN SMA memang mengalami peningkatan kualitas 10 persen dari soal lainnya. Menteri Pendidikan Muhajir Efendi pun sempat meminta maaf soal kesulitan siswa mengerjakan matematika.

Dari 246.000 siswa SMA di Jawa Tengah, terdapat 90 persen mengikuti UN. “Tapi nanti yang menentukan kelulusan adalah sekolah. Yang sakit atau ikut olimpiade segera mendaftar ujian susulan,” tandasnya. (far)

 

You might also like

Comments are closed.