8 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Tidur

Ilustrasi
Ilustrasi

 

METROSEMARANG.COM – Tidur adalah proses alamiah dan merupakan bagian dari hidup kita. Tapi, kebanyakan dari kita masih belum menyadari manfaat di balik kebiasaan tersebut. Berikut ini beberapa fakta tentang tidur, seperti disarikan dari The Times of India:

1. Napping (tidur pendek) dapat meningkatkan kewaspadaan, memori dan kreativitas seseorang. Ini berbeda dengan kemalasan. Jadi, tidur singkat di siang hari tidak akan mengganggu tidur malam Anda. Jepang merupakan salah satu negara yang sangat memerhatikan pentingnya napping. Bahkan, hampir setiap tempat perkantoran menyediakan ruangan khusus nap room bagi para pekerja untuk bisa tidur sejenak ketika rasa lelah itu datang.

2. Tidur pendek tidak boleh lebih dari 30 menit. Begitu Anda tidur lebih dari 30 menit, Anda masuk ke tahap nyenyak, sehingga ketika terbangun Anda akan merasa gugup.

3. Pernah mendengar tentang napalatte (sajian minuman kafein yang diminum sebelum tidur siang)? Semua yang perlu Anda lakukan adalah menikmati secangkir kopi atau teh dan kemudian segera beristirahat. Ketika terbangun, Anda akan merasa segar.

4. Menonton TV tidak pernah bisa membantu Anda tertidur. Televisi hanya merangsang dan mengganggu tidur Anda. Sebaiknya, Anda mematikan televise ketika ingin pergi tidur.

5. Banyak orang beranggapan bahwa alkohol akan membuat Anda tidur. Faktanya, alkohol memang dapat membantu Anda tidur lebih cepat, tapi Anda tak bisa mendapatkan tidur yang benar-benar berkualitas. Alkohol justru bisa membuat Anda merasa gelisah.

6. Begadang semalaman akan membahayakan Anda. Dalam kondisi kurang tidur, Anda akan sulit berkonsentrasi, sehingga semua yang sudah dirancang bisa berantakan.

7. Mitos bahwa insomnia yang terjadi hanya untuk orang-orang yang depresi atau cemas. Faktanya, insomnia dapat terjadi pada siapa saja. Beberapa faktor yang berkontribusi untuk insomnia, di antaranya kebiasaan Anda mengonsumsi obat-obatan.

8. Jika Anda selalu merasa mengantuk sepanjang waktu, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Jangan cepat menyimpulkan bahwa rasa kantuk tersebut karena Anda malas. Bisa jadi kondisi yang Anda alami memerlukan pengobatan secepatnya. (twy)

 

 

You might also like

Comments are closed.