8 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meningkatkan Konsentrasi

Green Tea
Green Tea

ANDA mulai sulit berkonsentrasi? Semua orang bisa mengalami kondisi seperti yang Anda rasakan. Saat konsentrasi terganggu, pasti akan menimbulkan dampak yang kurang bagus. Apalagi jika kita tengah dikejar-kejar deadline pekerjaan.

Ternyata, ada makanan dan minuman yang terbukti ampuh untuk membantu Anda bisa lebih mudah berkonsentrasi. Jen McDaniel, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan untuk mengonsumsi delapan jenis makanan dan minuman ini.

Kopi dan Kayu Manis

Kopi akan membangkitkan kegembiraan Anda dan membantu Anda untuk fokus. Meminum 2-3 cangkir kopi sehari diyakini bisa memperpanjang daya ingat. Untuk meningkatkan kinerja otak, Anda bisa menambahkan beberapa iris kayu manis. Kombinasi kopi dan rempah-rempah ini bisa meningkatkan kewaspadaan dan mencegah frustrasi.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung L-Theanine, asam amino yang meningkatkan gelombang otak alpha (sama dengan apa yang terjadi ketika Anda bermeditasi), dikaitkan dengan relaksasi dan fokus. Teh hijau disarankan bagi Anda yang tidak menyukai efek kafein dari kopi.

Sarapan Tepat Waktu

Kesibukan seringkali membuat kita mengabaikan sarapan. Usahakan untuk makan pagi sebelum Anda pergi beraktivitas.

Blueberry

Mengonsumsi buah-buahan berpigmen gelap seperti blueberry seringkali dikaitkan dengan penurunan risiko Alzheimer. Beberapa studi menunjukkan bahwa blueberry dapat benar-benar meningkatkan konsentrasi dan memori untuk lima jam kemudian. Buah ini juga bisa berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan oksigen ke otak.

Coklat Hitam

Coklat telah terbukti bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan mengonsumsi satu-sepertiga ons perhari dapat membantu melindungi terhadap gejala kepikunan dini. Coklat juga merangsang pelepasan zat-zat kimia dalam otak Anda.

Air Putih dan Lemon

Beberapa studi sudah membuktikan bahwa dehidrasi dapat mengakibatkan daya ingat Anda berantakan. Sementara, aroma lemon bisa meningkatkan kinerja otak saat Anda membutuhkan banyak konsentrasi

Bit

Umbi-umbian ini kaya serat, yang bisa dikonversi menjadi nitrit dalam tubuh, untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Untuk mengeluarkan rasa manis alami bit, Anda bisa memanggangnya terlebih dulu.

Teh Peppermint

Bahkan tanpa kafein, minuman lezat ini dapat merangsang otak Anda menjadi gembira. Studi telah menemukan bahwa aroma peppermint dikaitkan dengan mengurangi kecemasan dan kelelahan, dan meningkatkan motivasi dan kinerja. (twy)

You might also like

Comments are closed.