82,73 Persen SMA Ikut UNBK, Semua Server Dipastikan Lancar

METROSEMARANG.COM – Sejumlah sekolah menengah atas (SMA) di 35 kabupaten/kota Jawa Tengah mulai pagi ini, Senin (10/4) mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hingga tiga hari ke depan. Para pejabat Dinas Pendidikan Jawa Tengah pun melakukan pemantauan pelaksanaa UNBK di SMA Kesatrian 1, SMAN 3 Semarang serta dilanjutkan ke SMAN 1 Salatiga.

Ilustrasi. Simulasi UNBK di SMA 2 Semarang, beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok

Dalam peninjauan ke sekolah-sekolah tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Jateng Gatot B Hastowo mengatakan semua jaringan internet pada komputer yang dipakai para siswanya saat ini masih berjalan lancar.

Ia bilang tak ada masalah apapun pada sistem mengerjakan soal ujian karena siswa sudah belajar dan melakukan uji coba sebelum ujian dimulai.

“Server-server enggak ada yang ngadat. Semuanya lancar. Jaringan internet untuk pengerjaan soal di komputer juga lancar. Pagi ini kita masih menunggu data dari dinas-dinas terkait di tiap kabupaten/kota,” ujarnya saat dikontak metrosemarang.com.

Meski begitu, ia menyatakan sudah ada 82,73 persen SMA di wilayahnya yang ikut UNBK. Sekolahan yang ikut ujian sudah punya perangkat komputer yang memadai.

Lebih jauh, ia mengungkapkan di SMA Kasatrian 1 dan SMAN 3, ia melihat semua siswa ikut ujian. Beberapa pengajar juga melakukan pengawasan baik di dalam maupun luar kelas.

“Ini kita mau lanjut memantau SMAN 1 Salatiga. Sekolah swasta dan negeri kita cek langsung sehingga jika ada kendala saat mengerjakan di depan komputer bisa langsung diatasi,” tutupnya. (far)

You might also like

Comments are closed.