864 Polisi Disiagakan Amankan May Day di Semarang

METROSEMARANG.COM – Setidaknya 864 aparat kepolisian gabungan dari unit Polrestabes Semarang dan Polda Jateng bakal memperketat pengawalan saat peringatan Hari Buruh (May Day) digelar di depan kantor Gubernur Ganjar Pranowo, Jalan Pahlawan, Senin (1/5) pekan depan.

Ilustrasi. Ratusan personel kepolisian disiagakan untuk mengamankan May Day 2017 di Semarang. Foto: metrosemarang.dok

Dari ratusan polisi itu, sekitar 616 personel berasal dari Polrestabes, 150 personel Satuan Brimob Polda Jateng, 100 personel Satuan Dalmas Polda Jateng. Tak cuma di kantor Gubernuran saja. Pengamanan juga dipertebal di ruas Jalan Mugas khususnya dekat Tri Lomba Juang.

Kasubag Humas Polrestabes Semarang Kompol Suwarna menyebut, ratusan personelnya nantinya juga mengawal long march para buruh di jalan raya.

“Selain mengamankan aksi demo damai, sejumlah anggota yang bertugas mengamankan pula objek vital yang dinilai rawan,” ungkap Suwarna, Kamis (27/4).

Pengamanan aksi May Day di tahun ini, katanya sudah mendapat persetujuan dari sejumlah serikat buruh lokal. Ia menyatakan akan ada ribuan buruh yang akan turun ke jalanan. “Yang saya tahu mereka akan menggelar aksi damai,” bebernya.

Walau begitu, jika muncul kericuhan di lapangan ia bakal menindak tegas. “Kami tidak segan bertindak tegas kepada buruh yang berunjuk rasa tetapi melakukan aksi anarkis dan mengganggu warga umum lainnya,” kata Suwarna lagi.

Pengamanan tersebar di 12 titik simpul yakni dari  yang akan dilewati buruh menuju Kantor Pos Jalan Pemuda, pangkalan truk Genuk, Kawasan Industri Wijaya Kusuma Tugu, Jamu jago Banyumanik, Apparel Penggaron, Ujung Tol Gayamsari, Ujung tol Krapyak, Ujung tol Sukun, ujung tol bundaran Kalibanteng, Jatingaleh.

“Setiap petugas harus mengawal hingga selesai,” tukasnya. (far/fen)

You might also like

Comments are closed.