98 Tim Beradu Kreatif di Polines Roboline Contest

METROSEMARANG.COM – Politeknik Negeri Semarang kembali gelar Polines Roboline Contest. Kai ini kontes robot tersebut diselenggarakan di Wisma Perdamaian, Jalan Imam Bonjol No. 209, Semarang, Sabtu (11/3) dan melibatkan 98 tim dari berbagai SD hingga SMA se-Indonesia.

Kontes robot di Wisma Perdamaian Semarang, Sabtu (11/3). Foto: metrosemarang.com/istimewa

Para peserta tampak antusias mengikuti acara tersebut. Beberapa tampak memperbaiki robot mereka sebelum meletakkannya di lintasan yang disediakan panitia.

Satu di antaranya, Teguh Santoso. Siswa asal SMK Tunas Harapan 1 Pati ini menuturkan bahwa dirinya dan tim antusias mengikuti kegiatan tersebut. “Lomba ini memotivasi kami agar dapat membuat robot secara mandiri,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk merangkai sebuah robot, timnya hanya membutuhkan waktu 2 minggu. Mulai dari merakit komponen dasar hingga finishing.

Terpisah, Dwikkiandi Bangkit G, Ketua acara Polines Roboline Contest menuturkan, melalui acara ini pihaknya ingin mengenalkan dunia robotika di kalangan sekolah di Indonesia. Terlebih menurutnya orang-orang Indonesia sebenarnya mampu membuat robot.

Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ini menuturkan jika banyak sekolah di Indonesia mengapresiasi kegiatan ini. Hal tersebut dibuktikan dengan total 102 tim yang mendaftar di kontes robot tersebut.

Ia menambahkan kontes pada tahun ini adalah kontes robot berjenis robot line follower. Robot line follower adalah jenis robot yang dalam pergerakannya mengandalkan sensor motorik untuk mengikuti lajur-lajur lintasan yang telah disediakan. (vit)