Abdul Ghofur, Mitra Pertamina Yang Mendunia Lewat Patung Akar Jati

Abdul Ghofur salah satu mitra PKBL Pertamina MOR IV bersama karya patung kuda, yang dipajang di Nirwan Stable, Mijen Semarang

SEMARANG – Saat kita berkunjung ke Nirwana Stable, di Kelurahan Purwosari, Mijen, Kota Semarang, selain kita bisa aneka jenis kuda serta wahana permainan untuk anak-anak, kita juga disuguhi aneka patung binatang.

Menariknya, patung-patung binatang seperti kelinci, rusa, Kuda, ayam jantan dan lainnya itu terbuat dari akar kayu jati. Patung-patung itu diletakan di bagain depan untuk patung kelinci dan rusa, patung ayam di bagian tengah dan untuk patung kuda dibagian belakang dekat dengan kandang kuda.

Kita mungkin mengira patung-patung itu didatangkan dari luar negeri karena bentuknya yang unik dan sangat realistis. Namun, jangan salah ternyata patung-patung itu buatan pengrajin lokal.

Patung-patung yang berada di Nirwana Stable itu ternyata buatan pengrajin dari gallery Duta Craftindo yang berada di Desa Branjang, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Gallery itu milik Abdul Ghofur. Dia adalah Mitra UMKM Pertamina MOR IV Jateng dan DIY.

Abdul Ghofur memulai usahanya itu sejak tahun 2010 hingga sekarang. Kerajinan karya Abdul Ghofur memang cukup unik dan menarik. Keunikannya terletak pada bahan baku dan proses pembuatanya.

Semua patung karya Gallery Duta Craftindo berbahan baku akar pohon jati tua yang melengkung dan tidak boleh lurus. Bahan baku didapatkan khusus dari kelompok-kelompok yang dia bentuk di beberapa daerah seperti Blora dan Kendal.

Proses pembuatanya memiliki tingkat kerumitan tersendiri, karena setiap akar jati harus disesuaikan dengan patung yang akan dibuat.

Karena keunikannya itu, patung-patung karya Gallery Duta Craftindo ini sudah tersebar diberbagai negara Eropa, Asia, hingga Amerika.

“Untuk lokal saya memasok salah satunya ke Nirwana Resto & Stable untuk produk patung kuda dan sebagainya. Sedangkan untuk mancanegara mayoritas menyukai jenis produk berupa patung kayu seni instalasi dari akar jati alami dan beberapa negara yang pernah saya pasok yaitu Malaysia, UK, USA, Jerman, Irlandia, Belgia dan UEA”, kata Abdul Ghofur dalam acara temu Mitra UMKM Pertamina MOR IV Jateng dan DIY dengan wartawan di Nirwana Stable, Mijen Kota Semarang, baru-baru ini. Ghofur adalah salah satu mitra binaan Pertamina MOR IV dalam Program PKBL.

Ghofur berkisah, sebelum mengeluti bidang tersebut, dirinya memang sudah sering berhubungan dengan buyer-buyer dari luar negeri, karena dia pernah bekerja di perusahaan asing dan sering menemani buyer.

Setelah dia memutuskan untuk berkarya sendiri, kemudian mulai membikin prototipre dan ditawarkan kepada buyer-buyer kenalannya. Hasilnya diluar dugaan karena banyak buyer yang langsung tertarik.

Salah satu yang cukup terkesan adalah ketika dia diminta untuk membuat patung kuda betina beserta anaknya dan patung rusa, pesanan dari peternak kuda terbesar di Irlandia. Selain itu, dia juga pernah mendapatkan order untuk membuat patung kuda dari museum kerajaan Pahang Malaysia dan sampai sekarang patung kuda itu masih terpajang di depan halaman museum.

Untuk memasarkan produk-produknya ke luar Negeri Ghofur menampatkan seorang reseller. Dia sudah punya beberapa reseller di Eropa dan Amerika.

Terkait dengan kemitraanya dengan Pertamina, Abdul Ghofur mengaku, banyak manfaat yang dirasakan sebagai mitra binaan Pertamina, diantaranya adalah kemudahakn dalam mendapatkan pinjaman lunak, sehingga memudahkan untuk mengembangkan usaha. (asi)

You might also like

Comments are closed.