Abdul Mughis Terpilih Jadi Ketua Serikat Pekerja Lintas Media

METROSEMARANG.COM – Puluhan pekerja media dari beberapa media cetak, elektronik dan online di Jawa Tengah melakukan deklarasi berdirinya Serikat Pekerja Lintas Media (SPLM) di Hotel Siliwangi, Minggu (26/2) sore. Sebelum deklarasi, para awak media memilih Abdul Mughis sebagai koordinator secara aklamasi.

Deklarasi Serikat Pekerja Lintas Media di Hotel Siliwangi, Minggu (26/2). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Menjadi wartawan adalah pekerjaan berat, oleh karena itu mari kita bersama-sama (berserikat),” kata dia sesaat setelah terpilih menjadi ketua.

Menurut Mughis, banyak di antara perusahaan media di Jawa Tengah yang saat ini masih belum memberikan kesejahteraan yang layak bagi para karyawannya. Oleh karena itu, dengan SPLM para pekerja media diminta untuk menjadi rekan pemilik perusahaan untuk bersama-sama mensejahterakan para karyawan agar kualitas informasi yang disajikan tetap terjaga.

Sementara itu, Mediator Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Ernie Triesniawaty mendukung adanya serikat pekerja di kalangan pekerja media. Terlebih lagi, ada beberapa kasus kontrak yang tidak wajar dan PHK yang menimpa beberapa wartawan di Kota Semarang masih terjadi.

“Upah yang layak juga perlu. Selama ini sebagian perusahaan media masih memberikan upah di bawah UMK dan belum memberikan jaminan sosial pada pekerja media. Ini tentu saja sebuah pelanggaran,” kata dia.

Dengan adanya SPLM, diharapkan ada laporan resmi dari Serikat kepada dinas agar masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan. (ade)

You might also like

Comments are closed.