Agar Kemampuan Otak Tidak Melemah, Lakukan Cara Ini

ilustrasi
ilustrasi

 

PERCAYAKAH Anda bahwa kemampuan otak dapat meningkat dan juga melemah?  Ya, otak sama seperti pisau. Semakin sering diasah, akan semakin tajam. Namun jika otak tak pernah diasah, kemampuan otak pun akan berkurang.

Mengasah otak bisa dilakukan dengan banyak cara, antara lain :

  1. Membaca

Membaca membuat otak menyerap informasi baru setiap saat. Semakin banyak yang diserap otak, maka semakin hidup otak Anda.

  1. Belajar hal baru

Telusurilah minat terpendam Anda, lalu wujudkanlah keinginan itu, misalnya, belajar bahasa asing, membuka usaha sampingan, bermain alat musik.

  1. Wisata ke tempat baru

Berwisata ke tempat-tempat yang baru bermanfaat untuk mengistirahatkan otak. Bagaimanapun juga, otak sesekali perlu direlaksasi agar nantinya dapat bekerja lebih optimal.

  1. Mengisi TTS

Jangan berpikir bahwa mengisi TTS adalah kebiasaan orang yang tidak punya kesibukan. Sebaliknya, mengisi TTS adalah cara agar otak berolahraga supaya tetap sehat.

  1. Konsentrasi

Rasanya mustahil jika otak dapat melakukan sesuatu dengan baik jika Anda tidak fokus mengerjakannya. Berkonsentrasilah setiap akan melakukan sesuatu sehingga otak pun tidak kehilangan arah.

  1. Perbaiki nutrisi

Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam folat. Kedua mineral ini bermanfaat untuk menutrisi otak dan meningkatkan daya ingat.

  1. Buat catatan

Sesekali, Anda juga harus membuat catatan mengenai tanggal-tanggal penting, nomor telepon penting, daftar pekerjaan harian, maupun target jangka panjang. Catatan ini berfungsi sebagai pengingat manakala Anda sedang letih sehingga kemampuan mengingat otak Anda menurun. (ren)

 

You might also like

Comments are closed.