Agar Tidak Kena Flu, Lakukan 8 Hal Ini

ilustrasi
ilustrasi

Cuaca yang berubah-ubah, dari musim kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, rentan menyebabkan seseorang terjangkit virus influenza. Daya tahan tubuh yang lemah juga dapat mempermudah penularan virus influenza dari seseorang ke orang lainnya. Nah, agar tidak mudah tertular virus influenza, sebaiknya lakukan 8 hal ini ya.

  1. Seringlah mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Gosok-gosokkan sabun di tangan sekurang-kurangnya 20 detik agar bakteri dan virus yang menempel pun terangkat dan terbawa air bilasan. Pilih hand sanitizer yang mengandung sedikitnya 60 persen alkohol. Yang perlu diingat, jangan menggunakan sabun terlalu sedikit atau buru-buru mengelap tangan sebelum benar-benar bersih.
  2. Gunakan barang-barang Anda sendiri, misalnya pena. Saat Anda berada di tempat umum yang menyediakan barang untuk digunakan bersama, berhati-hatilah pada virus dan bakteri yang menempel pada barang tersebut.
  3. Mintalah vaksin flu di pusat layanan kesehatan langganan Anda. Vaksin ini akan membantu daya tahan tubuh Anda tetap kuat saat sedang musim flu. Dan jika memungkinkan, mintalah vaksin pneumococcal yang dapat melindungi Anda dari gejala sindrom sinusitis, bronkitis dan pneumonia.
  4. Minumlah probiotik, atau bakteri baik, yang dapat membantu tubuh melawan serangan virus flu maupun mengurangi sejumlah gejala flu jika Anda sudah terlanjur terserang virus tersebut. Beberapa jenis probiotik yang dapat Anda konsumsi adalah yang mengandung bakteri Lactobacillus Rhamnosus LGG, Bifidobacterium Animalis dan Lactis BB-12.
  5. Pembengkakan saluran nafas dapat mengarah pada terjadinya sinusitis. Untuk itu, minumlah antihistamine yang dapat meredakan peradangan, membuka saluran nafas dan menurunkan resiko terjadinya infeksi lanjutan.
  6. Beberapa peneliti menyarankan konsumsi Zinc untuk mencegah seseorang terserang virus flu. Sedangkan bagi Anda yang sudah terlanjur terserang flu, satu hingga dua butir Zinc dapat meringankan penderitaan Anda akibat flu. Namun hati-hati dalam mengkonsumsi Zinc. Terlalu banyak mengkonsumsi Zinc dapat membuat Anda kehilangan sensitivitas indera perasa untuk beberapa waktu.
  7. Bersihkan rumah dan aturlah agar kamar tidak lembab melainkan kering. Kuman dan virus mudah berkembang pada udara yang lembab dan sebaliknya, akan mati pada suhu udara yang kering.
  8. Pola hidup sehat. Salah satu faktor penyebab mudahnya penularan virus flu adalah karena lemahnya daya tahan tubuh. Untuk itu, konsumsilah makanan bergizi, perbanyak makan vitamin alami dari buah dan sayur, olah raga sekurang-kurangnya 10 menit per hari dan istirahat minimal 5 jam per hari. (ren)
You might also like

Comments are closed.