Agus Jatmiko: Sulap Kebun Durian Jadi Agrowisata

Agus Jatmiko. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono
Agus Jatmiko. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono



Sejak 2006 lalu, Agus Jatmiko mengembangkan kebun durian yang biasa-biasa saja menjadi sebuah agrowisata. Sejak saat itu, kunjungan ke kebun durian miliknya melonjak drastis. Saat ini agrowisata milik Agus seluas enam hektar.

Dalam kebunnya yang terletak di Desa Wonolopo, Kota Semarang, tidak hanya terdapat satu jenis pohon durian. Dia menanam bermacam-macam pohon, di antaranya Durian Roti, Durian Bagong, Durian Mentega, dan lain-lain. Jumlah pohon miliknya ditaksir lebih dari 600 pohon dan akan terus bertambah.

Dia juga berkonsentrasi untuk menangkar dan melestarikan beberapa jenis durian agar tidak punah. Pria kelahiran 21 September 1976 tersebut ingin masyarakat bisa tetap menikmati durian, terutama penikmat durian.

Selain berkonsentrasi pada kebunnya, Agus juga sering diminta untuk berbagi ilmu di agrowisata di lain daerah. “Biasanya kegiatan berbentuk pelatihan budidaya dan penelitian tentang durian,” kata dia.

Hasil panen durian yang melimpah juga dimanfaatkan untuk diolah menjadi makanan lain. Beberapa camilan yang dibuat Agus antara lain es krim durian, brownies durian, es lilin durian, dan lain-lain. (ade)

You might also like

Comments are closed.