Agus Riyanto Dipilih jadi Penjabat Sekda Kota Semarang

METROSEMARANG.COM – Agus Riyanto yang saat ini sebagai Kepala Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang akan dipilih menjadi Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Adi Trihananto diganti Agus Riyanto sebagai Sekda Kota Semarang. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

‘’Pengisi penjabat sekda akan ditunjuk dalam waku dekat ini, sudah ada draftnya tinggal saya tandatangani saja supaya tidak ada kekosongan pejabat sekda. Penjabatnya Mas Agus Riyanto,’’ kata Hendi, sapaan karib Wali Kota usai Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang di Gedung Moch Ihsan Balai Kota Semarang, Senin (8/1).

Agus Riyato dipilih sebagai Penjabat Sekda untuk menggantikan Sekda Kota Semarang yang lengser Adi Trihananto. Sedangkan setelah lengser Adi dipercaya untuk menduduki jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendcukcapil) menggantikan Mardiyanto yang kini dipercaya sebagai staf ahli walikota.

‘’Pak Adi selama 5 tahun menempati jabatannya (sebagai sekda) sangat luar biasa di tengah dinamika pllitik yang saat itu sangat tajam. Faksi atau kelompoknya cukup banyak. Pak Adi telah memberikan masukan kepada kami untuk ngemong semuanya, sehingga saat ni hampir 99% sudah tidak kelompok-kelompokan itu lagi,’’ puji Hendi untuk Adi.

Hendi menuturkan, mengingat saat ini tahun politik, pihaknya akan mengisi kekosongan jabatan sekda dengan seorang penjabat sampai pilkada pemilihan gubernur selesai, sekitar akhir Juni 2018. Sebab pihaknya tidak ingin pemilihan sekda definitif ditunggangi oleh kepentingan politik.

Sedangkan pemilihan sekda definitif nanti dapat dilakukan dengan lelang jika mencari figur dari luar, atau hanya akan melakukan pergeseran apabila hanya mengambil dari para pejabat eselon II yang ada di lingkungan Pemkot Semarang sendiri.

‘’Jadi saya boleh ambil sekda dari luar yaitu orang-orang yang punya kapabiltas, juga boleh hanya sekadar menggeser kepala dinas menjadi sekda,’’ tegasnya. 

Sementara itu, Agus Riyanto sendiri tidak dapat ikut menghadiri acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang di Gedung Moch Ihsan Balaikota Semarang karena sedang acara Umrah. (duh)

You might also like

Comments are closed.