Siswa SMP 12 Ini Wakili Indonesia ke Jambore Pramuka Internasional Singapura

aji-siswa-smp-12-jambore-pramuka-singapura
Aji Reza Asshiddiqi (kiri) siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) 12 Semarang yang mewakili Indonesia di ajang Jambore Pramuka Internasional di Singapura. Foto: metrosemarang.com/Khoiruddin

METROSEMARANG.COM– Terbang ke luar negeri tak pernah terbayangkan dibenaknya. Namun, berkat prestasinya dalam kegiatan Pramuka, siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) 12 Semarang Aji Reza Asshiddiqi bisa terbang ke singapura untuk mengikuti Jambore Pramuka Internasional yang berlangsung 17-22 November kemarin.

Ketertarikan Aji dalam pramuka saat kelas VII menginjak semester II. Padahal dia mengaku awalnya kurang menyukai kegiatan ini. “Pertama kelas VII nggak seneng, semester II tiba-tiba seneng, akhirnya saya ikut organisasi dewan galang di SMP 12,” terang bocah berkacamata ini.

Di Singapura dia dan teman-teman satu regu diminta untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Ada dua tarian yang ditampilka di sana yaitu tari Bali dan Semarangan. Regunya membawakan tari Semarangan saat memperkenalkan kesenian dari Indonesia, meskipun yang menjadi pemenang tari Bali.

“Waktu itu perlombaannya cuman mengenalkan adat Indonesia, nari, pentas seni. Waktu itu yang menang Bali soalnya dari Indonesia hanya boleh mewakilkan satu,” ungkap siswa kelahiran Semarang 29 Januari 2001.

Prestasi yang sudah diraih Aji tak semudah yang dibayangkan. Dia mengakui proses seleksinya cukup berat, namun semua itu dia anggap sebagai tantangan. Setelah berhasil dia pun senang bisa membanggakan sekolahnya dan kedua orang tuanya. “Latihannya itu berat, waktu itu seleksi disuruh lompat tali dan lari untuk fisik, sama keterampilan Lomba cepat tepat (LCT),” katanya.

Cerita unik disana pun dia alami. Saat hujan deras pengeras suara yang dipakai untuk pengumuman tidak terdengar sampai ke tendanya. Akhirnya dia ketinggalan bus saat mau menuju ke Discover Singapore centre. “Kan pakainya pengeras suara, nah itu nggak kedengeran sampai ke tenda, jadinya ketinggalan bus,” cerita Aji yang berbadan gempal.

Materi yang banyak dan menantang menjadi salah satu motivasi Aji dalam menggeluti pramuka. Dia berharap adik-adik kelasnya bisa meneruskan prestasi yang pernah dia capai. “Harapanya semoga saja dari SMP 12 ada yang meneruskan lagi untuk Jambore Daerah atau Jambore Nasional dan Internasional,” harap Aji yang bercita-cita sebagai ilmuan atau Duta Besar. (cr-08)

Comments are closed.