Ini Akibatnya jika Masih Bandel Buang Sampah Sembarangan

METROSEMARANG.COM – Sekitar 200 orang dikumpulkan Satpol PP Kota Semarang di Kantor Kelurahan Pekunden untuk melakukan sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring). Pelaksanaan sidang dimulai pukul 10.00 dan berlangsung tertib.

Sidang Tipiring di Kantor Kelurahan Pekunden, Kamis (24/3). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Sidang Tipiring di Kantor Kelurahan Pekunden, Kamis (24/3). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menurut Kasi Penyidikan dan Penyelidikan Satpol PP Kota Semarang, Agus Satata pada sidang Tipiring pada Kamis (24/3) kali ini difokuskan untuk para pelanggar Perda 6 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah. “Menurut Perda, sanksi terberat adalah denda Rp 50 juta. Namun pada sidang biasanya tergantung pada kebijaksanaan hakim,” kata dia di sela-sela sidang.

Dia menambahkan, para pelanggar Perda 6 tahun 2012 ini kebanyakan adalah para pedagang di jalan protokol yang bandel membuang sampah di tempat yang tidak semestinya. Mereka juga tidak memiliki tempat sampah yang layak yang dapat digunakan untuk membuang sampah sehingga tetap menimbulkan kesan kotor pada lingkungan mereka.

“Kami dari Satpol PP akan selalu memantau agar peraturan berjalan sesuai apa yang sudah disepakati bersama, termasuk kebersihan. Sidak-sidak di lapangan juga akan kami lakukan secara rutin,” ungkapnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.