Akik Bacan, Batu Asli Indonesia yang Unik

image
Batu Akik Bacan Biru (foto : Ilyasaditya/Metro)

SEMARANG – Peningkatan permintaan jumlah Batu Akik jenis Bacan di masyarakat akhir-akhir ini, menimbulkan secuil pertanyaan kenapa batu jenis tersebut sangat dicari oleh masyarakat umum ataupun oleh para kolektor Batu.

Eko Setiawan (30), warga Sampangan Semarang, kolektor sekaligus pedagang batu akik di Semarang mengatakan, meningkatnya permintaan jumlah batu Bacan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keunikan batu dan beberapa isu yang berkembang di masyarakat semakin tajam. “Batu bacan mempunyai keunikan yang tak dimiliki oleh kebanyakan batu lainnya, yakni jika semakin lama dipakai, batu jenis ini semakin lama akan semakin bertambah jernih, ” tuturnya Senin (22/9) siang.

Tidak hanya itu, lanjut dia, mungkin hal lain yang mempengaruhi adalah berkurangnya jumlah produksi Batu saat ini di tempatnya berasal, yakni di kepulauan Bacan, Maluku Utara.

“Apalagi ada beberapa isu yang muncul, Bacan adalah Jenis batu yang diberikan Presiden SBY ke Presiden AS Barack Obama, saat ia berkunjung ke Indonesia, ” imbuhnya.

Akik Bacan biasanya dijual mulai harga 500 ribu Rupiah, tergantung warna dan ukuran. Batu bacan sendiri memiliki beberapa warna berbeda seperti Biru, Hijau, Merah, dan Kuning.”Namun yang paling menentukan harga adalah tingkat kejernihan yang ada pada batu tersebut, ” tandasnya. (Yas)

You might also like

Comments are closed.