AKSes, Pantau Investasi Pasar Modal Jadi Gampang

SEMARANG – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai pemanfaatan fasilitas Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes) di kampus Unnes dan investor yang ada di Semarang. Hal itu dilakukan agar masyarakat paham bahwa AKSes merupakan fasilitas perlindungan investor pasar modal dan memberi informasi terbaru tentang pengembangan infrastruktur yang dilakukan KSEI.

investasi pasar modal
Kepala Unit Pemeriksaan KSEI, Fritriyanto. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Kepala Unit Pemeriksaan KSEI, Fritriyanto menjelaskan, dengan fasilitas AKSes para investor mampu memantau langsung portofolio investasinya pada lembaga yang memang diberikan mandat untuk menyimpan data portofolio investor sesuai Undang-Undang Pasar Modal. Dengan bisa memantau secara langsung, diharapkan masyarakat bisa lebih tenang dan nyaman untuk berinvestasi.

“Sosialisasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran investor untuk memanfaatkan fasilitas AKSes untuk mencegah penyalahgunaan wewenang dari pihak yang tidak bertanggungjawab,” ungkapnya, Selasa (24/4).

Saat ini KSEI juga sudah bekerjasama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dalam pemanfaatan data kependudukan untuk layanan pasar modal. Sehingga nantinya untuk penggunaan fasilitas AKSes cukup dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan saja.

KSEI memilih melalukan sosialisasi di Semarang lantaran kota ini memiliki jumlah investor yang cukup banyak. Berdasarkan data KSEI per Maret 2018, Jawa Tengah menempati urutan keempat dengan jumlah investor sebanyak 61.466 dan 15.019 di antaranya berada di Kota Semarang. (ade)

Comments are closed.