Aksi Heroik Aiptu Eko Gendong Siswa SD demi Hindari Terjangan Rob

METROSEMARANG.COM – Jarum jam menunjukkan pukul 06.30 WIB pagi saat sejumlah siswa tergesa-gesa berangkat sekolah ke SD Trimulyo Genuk, Semarang, Senin (29/1).

Aksi heroik Aiptu Eko menerabas genangan rob demi anak-anak sekolah. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Anak-anak SD tersebut tak bergeming walau harus menerabas banjir rob serta menghindari laju truk kontainer yang melintasi Jalan Raya Kaligawe.

Aiptu Eko, seorang anggota Unit Lantas Polsek Genuk berulang kali membantu anak-anak tersebut untuk menyeberangi genangan banjir di Jalan Raya Kaligawe.

Ia tak segan menggendong para siswa agar tak basah saat berangkat sekolah.
“Daripada sepatu mereka basah kena rob, mending saya gendong mereka satu per satu untuk menyeberang ke sekolahnya,” ungkap Eko.

Ia mengaku niatnya tersebut semata karena tidak ingin siswa SD Trimulyo kebasahan sehingga mengganggu aktivitas belajarnya.

Letak SD Trimulyo sendiri berada tepat di utara utara Jalan Kaligawe. Hampir saban hari, lokasi sekolahan tersebut terkena imbas banjir rob yang menerjang Kaligawe dan sekitarnya.

Kanitlantas Polsek Genuk AKP Irianto mengaku ketinggian rob di jalanan tersebut bervariasi mulai 15-20 sentimeter. Hal tersebut tentu sangat membahayakan kendaraan yang melaju.

“Rob ini menggenang di dua arus lalu lintas. Saya harap para pengemudi tetap melaju di badan jalan aja. Jangan sampai ke bahu jalan untuk menyalip, soalnya permukaan antara badan dengan bahu jalan tidak sama. Itu sangat bahaya,” katanya.

Pihaknya mengimbau para sopir truk, mobil, bus, serta pengendara motor supaya tidak menyalip di bahu jalan. Pasalnya, di daerah tersebut kerap terdapat lubang yang cukup dalam.

“Lebih baik melaju di badan jalan,” pungkasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.