Aldaier Cetak Gol, PSIS Tetap Kalah dari Mitra Kukar

METROSEMARANG.COM – PSIS gagal melanjutkan momentum positif di turnamen Piala Gubernur Kaltim. Setelah menaklukkan Arema FC, Haudi Abdillah cs harus mengakui keunggulan Mitra Kukar pada laga kedua Grup A di Stadion Segiri Samarinda, Minggu (25/2). Mahesa Jenar takluk dengan skor 1-3.

Gol Aldaier Makatindu belum mampu menyelamatkan PSIS dari kekalahan saat meladeni Mitra Kukar

Meladeni skuad Naga Mekes, pelatih Subangkit melakukan dua perubahan di barisan starter. Hafit Ibrahim mengisi peran M Yunus di lini tengah dan Komarudin menggantikan Bruno Silva. Sementara Petar Planic menunggu di bangku cadangan.

PSIS membuat start mulus ketika Hari Nur sudah memberi ancaman ke gawang You Jaehoon di menit pertama. Menerima sodoran Akbar Riansyah, striker PSIS melepaskan shooting keras dari dalam kotak penalti, tapi bola tipis melayang di atas mistar.

Mitra membalas di menit kelima melalui Wiganda Pradika. Namun sepakannya melebar. Setelah itu kedua tim saling berbalas serangan.

Menit 20, Hendra Bayauw memberi keunggulan buat Mitra Kukar. Menerima umpan terobosan dari Anindito Wahyu, pemain bernomor 15 itu lolos dari pengawalan pemain belakang Mahesa Jenar dan dengan mudah menaklukkan kiper Jandia Eka Putra.

Gawang Jandia kembali jebol untuk kali kedua di menit 26. Diawali counter attack, Fernando Ortega sukses memanfaatkan lemahnya koordinasi barisan belakang Mahesa Jenar. Percobaan pertama striker Spanyol itu sebenarnya bisa diblok Jandia, namun bola rebound bisa diteruskan menjadi gol.

Setelah water break, PSIS melakukan dua pergantian dengan memasukkan Melcior Majefat dan Akhlidin Israilov menggantikan Fauzan Fajri dan Komarudin. Subangkit mengubah skema dari 3-4-3 menjadi 4-2-3-1, dengan menempatkan Israilov di belakang Hari Nur.

Perubahan tersebut setidaknya membuat PSIS bisa mengimbangi ball possession Naga Mekes. Israilov langsung menebar ancaman di menit 33. Tapi sepakannya masih tepat mengarah ke kiper.

Asyik menyerang, gawang PSIS justru kembali jebol di menit 41. Lagi-lagi melalui skema serangan balik. Hendra Bayauw melakukan sprint di sisi kanan pertahanan PSIS dan melepaskan tendangan keras, namun hanya menghantam mistar. Bola rebound jatuh di kaki Fernando Ortega dan diteruskan ke Hendra Bayauw untuk mencetak gol keduanya.

Pasukan Subangkit mendapat dua peluang beruntun di akhir babak pertama. Menit 44 free kick Frendi Saputra masih bisa ditepis You Jaehoon. Semenit berikutnya giliran Israilov melakukan percobaan melalui skema serupa dan lagi-lagi bisa diselamatkan kiper.

Selepas pergantian babak, Mitra Kukar mendapat kans menambah keunggulan di menit 64. Namun sepakan Hendra Adi Bayauw masih bisa diselamatkan mistar gawang.

PSIS membalas tiga menit kemudian melalui Ibrahim Conteh. Tapi tendangan pemain Sierra Leone itu bisa dimentahkan Yoo Jaehoon. Hanya berjarak semenit, Bayu Pradana nyaris menambah derita PSIS. Beruntung sontekan pemain jebolan Diklat Salatiga itu melesat di atas mistar.

Menit 70, Akhlidin Israilov hampir menipiskan skor. Sepakan kaki kiri gelandang Kyrgyzstan harus ditepis dengan susah payah oleh Yoo Jaehoon.

Jandia membuat penyelamatan penting di menit 72 dengan mementahkan tendangan keras Fernando Ortega.

Usaha PSIS mencetak gol akhirnya baru terjadi di injury time babak kedua. Pemain pengganti Aldaier Makatindu sukses menyundul bola meneruskan sepak pojok Frendi Saputra. Skor 1-3 bertahan hingga akhir laga.

Kekalahan ini belum menutup peluang PSIS lolos ke babak semifinal. Namun Haudi Abdillah dkk wajib memenangi laga pamungkas kontra Borneo FC pada Selasa (27/2) pekan depan. (twy)

Susunan Pemain

Mitra Kukar 4-2-3-1: Yoo Jaehoon–Wiganda Pradika, Mauricio Leal, Rendy Siregar, Abdul Gamal; Bayu Pradana, M Bahtiar; Dedi Hartono, Anindito Wahyu, Hendra Bayauw; Fernando Ortega

PSIS 3-4-3: Jandia Eka Putra–Haudi Abdillah, Fauzan Fajri, Rio Saputro; Akbar Riansyah, Hafit Ibrahim, Ibrahim Conteh, Frendi Saputra; Komarudin, Hari Nur Yulianto, Bayu Nugroho

You might also like

Comments are closed.