Amankan Pilkada, Ratusan Brimob Bersenjata Lengkap Bertolak ke Jakarta

METROSEMARANG.COM – Sedikitnya 500 personel Brimob Polda Jawa Tengah diberangkatkan ke Jakarta untuk mengantisipasi kericuhan saat pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta berlangsung, pada Rabu (19/4) nanti. Pasukan pengaman Pilkada tersebut naik Kereta Tawang Jaya dari Stasiun Poncol, Senin (17/4) pukul 15.15 WIB siang ini dan tiba di Stasiun Pasar Senen Jakarta malam nanti.

Pelepasan pasukan Brimob Polda Jateng untuk mengamankan Pilkada DKI, 8 Februari 2017. Personel Brimob Jateng juga disiagakan untuk pengamanan Pilkada DKI putaran kedua. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“500 personel Brimob atau setara dengan 5 SSK dari Jawa Tengah hari ini membantu pengamanan Pilkada DKI Jakarta,” ungkap Kombes Pol Djarod Padakova, Kabid Humas Polda Jateng.

Ia mengatakan ratusan Brimob itu telah dibekali kemampuan menjinakan bom dan bahan peledak. Tak hanya itu saja, menurutnya, pasukan khusus dari Polri tersebut juga punya kemampuan menangkal huru-hara di jalan raya.

Ia menyatakan Brimob akan disiagakan di Jakarta sampai Pilkada berakhir. Ia bilang posisi pasukannya sangat fleksibel saat membantu Polda Metro Jaya mengamankan jalannya pemungutan suara.

“Pokoknya sampai dibutuhkan jajaran Polda Metro Jaya. Sangat fleksibel. 500 personel dari satuan Pekalongan, Solo, Purwokerto dan Semarang,” terangnya.

Pantauan di Stasiun Poncol, pemberangkatan 500 Brimob ke Ibukota Jakarta berlangsung lancar dan tepat waktu. Situasi sejauh ini tampak lengang. Arus calon penumpang terlihat tertib saat memasuki gerbong-gerbong kereta.

Edy Koeswoyo, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang mengaku sudah menyiapkan dua setengah gerbong Kereta Tawang Jaya untuk mengangkut bala pasukan ke Jakarta.

“Dua setengah gerbong kira-kira sudah bisa mengakomodir keperluan ratusan Brimob yang bertolak ke Pasar Senen. Keretanya berangkat tepat waktu pukul 15.15 WIB agar tidak menimbulkan gangguan jadwal pemberangkatan pada kereta lainnya,” jelas Edy.

Ia menambahkan gelombang pemberangkatan Brimob hanya terjadi pada hari ini saja. Untuk besok dan seterusnya situasi sudah berangsur normal. (far)

You might also like

Comments are closed.