Amblesnya Jalan Inspeksi, Bina Marga Salahkan Satker Jateng

Jalan Inspeksi Kali Semarang kembali ambrol, Selasa (20/1). Foto Metrosemarang/MS-01
Jalan Inspeksi Kali Semarang kembali ambrol, Selasa (20/1). Foto Metrosemarang/MS-01

SEMARANG – Kepala Bina Marga Kota Semarang, Iswar Aminudin mengaku kecewa pada Satuan Kerja (Satker) Provinsi Jawa Tengah yang mengeruk Kali Semarang. Pengerukan itu mengakibatkan amblesnya Jalan Inspeksi sampai 200 meter.

Pasalnya, Jalan Inspeksi tersebut merupakan proyek Dinas Bina Marga yang baru berumur satu tahun. Kekecewaan Iswar juga didasari dengan potensi merembetnya jalan ambles sampai ke Jembatan Berok yang berjarak kurang lebih 20 meter.

Dia mengatakan pihaknya sudah menerima surat dari Satker yang berisi tentang kronologi dan pertanggungjawaban atas amblesnya Jalan Inspeksi. “Tapi di surat tersebut tidak menyinggung tentang penemuan tiang pancang dan pengambilan tiang pancang tersebut seperti yang diungkapkan saksi,” ujarnya.

Pengambilan tiang pancang di daerah Berok yang dilakukan pada Minggu (18/1) sore sekitar pukul 17.00 sempat diwarnai percekcokan. warga sekitar sempat mencegah saat operator backhoe mengambil tiang pancang tersebut.

Menurut penuturan warga, pengambilan tiang pancang tersebut ditakutkan akan mengakibatkan tanah ambles. Benar saja, selang sehari kemudian, yaitu Senin (19/1) pada pukul 10.00 kondisi jalan mulai ambles. Selain mengambil tiang pancang, operator backhoe juga mengambil lembaran papan kayu jati berukuran 2 meter dengan tebal 10 cm yang berjumlah 4 batang. (ade)

You might also like

Comments are closed.