Andalkan Autofocus, ZenFone 2 Laser ZE500KL Manjakan Penggemar Fotografi

Zenfone2Laser
ZenFone 2 Laser ZE500KL saat diperkenalkan di ZenFestival, November 2015. Foto: metrosemarang.com

METROSEMARANG.COM – Asus ZenFone 2 Laser ZE500KL menjadi salah satu primadona di antara sederet produk anyar yang diperkenalkan pada ZenFestival, November 2015 silam. Mengandalkan laser autofocus, smartphone ini jelas menjadi pilihan tepat buat penggemar fotografi. Penggunaan teknologi 4G, semakin memberi nilai plus ZE500KL dibanding smartphone lain di kelas 5 inchi.

Asus Indonesia menyebut ZenFone 2 Laser (ZE500KL) hadir untuk menjembatani antara segmen premium dengan segmen mainstream. Dengan dibekali Laser Autofocus, ponsel ini bisa menangkap fokus pada objek foto dalam waktu 0,036 detik saja! Cara kerja Laser Autofocus ini lumayan rumit, karena dia akan menembakkan sinar laser inframerah dengan cepat. Kemudian cahaya akan dipantulkan lagi untuk menghitung jarak objek dengan kecepatan cahaya.

Karena tidak membutuhkan cahaya untuk menembakkan laser, kita bisa mendapatkan hasil fokus dengan sempurna. Teknologi autofocus ini bisa mengambil fokus lebih cepat dua kali lipat dalam kondisi terang, tiga kali lebih cepat untuk fokus jarak dekat dan empat kali lebih cepat dalam keadaan minim cahaya, dibanding dengan autofocus konvensional. Teknologi canggih ini biasa digunakan pada smartphone high end dan diaplikasikan pada Zenfone 2 Laser.

Asus Zenfone 2 Laser dibekali kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel. Dukungan teknologi PixelMaster Camera membuat smartphone ini sanggup menangkap gambar dan video hingga 400% lebih terang, sekalipun dalam kondisi pencahayaan minimal.

Aplikasi PixelMaster Camera juga memungkinkan kita mendapatkan opsi pengambilan gambar lebih banyak. Kita bisa mengambil gambar dengan mode HDR degan Pixel Enchancing Teknology yang bisa menggabungkan dua buah gambar dengan exposure pendek dan panjang sekaligus dan kualitas gambar yang terjaga, sekalipun dalam situasi backlight.

Lensa pada ZenFone 2 Laser ZE500KL mempunyai nilai aperture hingga f/2.0. Dengan bukaan lensa seperti itu, lensa pada ZenFone 2 Laser mampu menangkap gambar  dengan lebih banyak cahaya untuk menghasilkan foto yang lebih maksimal meski dalam keadaan minim cahaya.

Selain itu, Blue Glass Filter yang dibenamkan smartphone ini menciptakan hasil warna dari Pixel Master kamera menghasilkan akurasi warna yang nyata. Blue Glass di sini berguna untuk mereduksi lebih dari 90% cahaya infra merah, mencegah red-eye, memperkuat pencahayaan, dan juga meminimalkan blur saat mengambil gambar.

Kemampuan Zenfone 2 Laser untuk mengabadikan objek pada malam hari juga layak mendapat nilai plus. Seringkali kita harus berpindah ke manual mode untuk mengatur fokus secara manual. Tapi, dengan teknologi Laser Autofocus, semua itu tak akan menjadi masalah.

Untuk memberikan kemampuan komputasi mobile yang mantap, ZenFone 2 Laser ZE500KL mengandalkan prosesor Snapdragon 410 (seri MSM 8916) dari Qualcomm yang merupakan SoC 4-inti (quad-core) yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR3 2GB. Chip ini didesain khusus untuk menunjang aktivitas mobile mulai dari komunikasi, tugas multitasking, hingga pengolahan video HD dengan baik namun tetap menjaga efisiensi daya.

Nah, untuk kamera depan, Asus Zenfone 2 Laser dibekali kamera beresolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI high sensivity dan empat lapis kamera. Seperti halnya kamera utama, pada kamera depan kita juga bisa mendapatkan bukaan aperture f/2.0 untuk hasil lebih terang di malam hari. Bahkan, bagi pengguna yang gemar selfie, kamera depan juga menyediakan sudut yang lega hingga 85derajat. Dengan demikian, bakal lebih banyak objek yang ditangkap dalam foto.

Bagi Anda yang ingin memotret ala kamera DSLR profesional, ponsel ini juga dilengkapi dengan mode manual. Mode ini sangat lengkap, karena kita bisa mengatur nilai ISO, shutter speed, white balance, metring focus, dan exposure value secara manual.

Desain Unik

Secara umum, desain ZE500KL masih mirip dengan jajaran Zenfone sebelumnya termasuk juga penempatan tombol power, speaker, panel soft button, dan juga kamera. Namun sedikit perbedaan mencolok hadir pada jendela laser berwarna hitam disebelah kamera belakang.

Sekali lagi ZenFone 2 Laser menggunakan ergonomic Arc Design di mana sisi belakangnya dibuat melengkung agar sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Meski mirip dengan versi Zenfone 2, namun versi Laser terbilang lebih tipis dengan ketebalan hanya 1,05cm di bagian tengah dan hanya 0,35cm di sisi-sisinya sehingga terasa lebih nyaman digenggam.

Untuk smartphone model Laser perdana ini, Asus memilih  rentang layar 5 inci yang bisa dibilang sebagai bentang layar paling nyaman untuk kebanyakan orang.

Meski keseluruhan bodi tampak lebih  mungil dengan panjang 143,7mm dan lebar 71,5mm, handset ini tetap mampu tampil sebagai smartphone 5 inci berkat tepian layar (bezel) yang dipersempit sehingga rasio layar terhadap bodinya mencapai 70%. Cakupan yang lebih besar dibandingkan rata-rata produk sekelas.

Khusus tentang cover glass yang digunakan, layar ZE500KG dilapis oleh kaca Gorilla Glass 4. Inilah lapisan kaca yang 2x lebih kuat menahan benturan jatuh dan juga 2,5x lebih tangguh menghadapi goresan dibandingkan dengan Gorilla Glass 3. Daya tahan ini setidaknya menekan tingkat kerusakan kaca pada handset hingga 85% dalam penggunaan sehari-hari. Luar baisa bukan? Asal tahu saja, baru sedikit handset yang memakai kaca Gorilla seperti ini, dan ASUS Zenfone 2 Laser jadi salah satunya.

Tidak seperti model Zenfone 2 sebelumnya yang bersifat unibody, model Laser (ZE500KL) hadir dengan baterai Lithium-Polimer 2400mAh yang bisa dilepas-pasang. Model baterai lepas-pasang ini seringkali menguntungkan karena mudah diganti apabila terjadi masalah.

Kapasitas Memori Luas

Bicara soal kapasitas penyimpanan, sangat baik apabila sebuah smartphone memiliki ruang penyimpanan yang besar agar dapat mengakomodasi berbagai konten seperti aplikasi, file multimedia, foto dan lainnya. Nah, Asus ZenFone 2 Laser ZE500KL telah mendukung kapasitas penyimpanan yang cukup besar yakni 16GB, serta masih dapat diekspansi dengan ketersediaan slot memori (microSD) hingga 128GB.

Pengguna pun masih akan mendapatkan ekstra penyimpanan berbasis cloud hingga 5 GB menggunakan Asus WebStorage. Rasa-rasanya dengan dukungan seperti itu, tentu pengguna akan semakin terbantu untuk menyimpan berbagai file yang dimiliki.

Kapasitas memori internal yang besar memang salah satu hal yang penting diperhatikan ketika ingin membeli sebuah smartphone. Idealnya, smartphone tersebut minimal haruslah memilliki memori internal sebesar 8GB sehingga Anda akan dapat menggunakan ruang penyimpanan yang cukup  besar sekitar 4 atau 5GB untuk aplikasi dan lainnya. Sebab sisanya telah terpakai untuk sistem operasi dan juga aplikasi bawaan lainnya.

Teknologi 4G

Asus ZenFone 2 ZE500KL dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G yang cukup kencang. Perangkat tersebut menggunakan teknologi LTE bertipe cat 4 (LTE cat 4) yang secara teori mampu menghantarkan kecepatan upload 50Mbps dan download 150Mbps per detik.

Seperti diketahui, seluruh operator di Indonesia telah memastikan jaringan 4G LTE-nya berjalan pada transmisi frekuensi 1800Mhz yang sudah didukung penuh oleh device ini. Itu artinya Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL dapat menggunakan jaringan tersebut untuk mengakses internet berkecepatan tinggi.

Sementara pada jaringan 3G WCDMA, smartphone menggunakan gelombang frekuensi 850MHz (5), 900 MHz (8), 1900 MHz (2), 2100 MHz (1). Frekuensi jaringan 3G itu secara teori mampu membawa kecepatan upload mengunakan teknologi HSPA+ hingga 42 Mbps. ZenFone 2 Laser ZE500KL juga dilengkapi dengan dual SIM Card yang keduanya mampu mengakses jaringan 4G LTE.

Dengan fasilitas premium yang dimiliki, tak salah jika Asus ZenFone 2 Laser ZE500KL memang layak menjadi yang terbaik, khususnya di level smartphone Rp 2 jutaan. (twy)

 

Spesifikasi

Sistem Operasi                        Android 5 (Lollipop)

CPU                                        Qualcomm Snapdragon 410 (64-bit quad-core 1,2GHz)

GPU                                        Adreno 306

Memori                                    2GB RAM

Storage                                    16GB eMMC Flash

5GB free lifetime ASUS WebStorage

Slot Memori                            Micro-SD card (hingga 128GB)

Teknologi Konektivitas           WLAN 802.11 b/g/n

Bluetooth V4.0 + A2DP

Dual Micro SIM card (Dual Standby)

Network Standard                  4G LTE UL: 150 Mbps / DL: 50 Mbps

3G DC-HSPA+ UL: 5,76 Mbps / DL: 42 Mbps

Navigation                              GPS & GLONASS

Display                                    5 inci, HD 720×1280 IPS, TFT dengan Capacitive touch panel +

Gorilla Glass 4

User Interface /UI                   ASUS ZenUI with over 1000+software enhancements

(What’s Next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS

Splendid, dll)

Baterai                                     Lithium-Polimer 2400 mAh

Dimensi                                   143,7 x 71,5 x (10,5~3,5) mm

Berat                                       140 g

Kamera                                    Font 5 Mega-Pixel & Rear 13 Mega-Pixel

Laser Auto Focus, F2.0 Aperture, PixelMaster

5-element lens

Video Playback                       MPEG4 up-to 1080p

Video Recording                    MPEG4 up-to 1080p @30fps

Slot Audio                              3,5mm

Audio                                      MP3/3GP/AAC/AAC+/DivX/Xvid/H.263/H.264

Browser                                   Google Browser/Youtube Browser/WAP

Messaging                               SMS/MMS/IM/Email

E-Mail                                     Google Mail/Exchange/POP3/IMAP4/SMTP

Sensor                                     Accelerometer/Light/Microphone/Proximity Sensor

Harga                                      Rp 2.099.000

 

You might also like

Comments are closed.