Anggaran Jadi Rp 6 Miliar, Honor Guru TPQ Naik Dua Kali Lipat

METROSEMARANG.COM – Kabar yang menggembirakan bagi para guru Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) di Kota Semarang. Rencananya Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menaikkan anggaran untuk honor guru TPQ hingga menjadi sebesar Rp 6 miliar di tahun 2018.

Ilustrasi. Semaan Quran menjadi tradisi di Masjid Agung Semarang saat bulan puasa. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

”Anggaran untuk honor guru TPQ akan naik dua kali lipat dari anggaran yang disediakan tahun 2017 ini,” kata Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Imam Mardjuki, Selasa (25/7).

Informasi itu diperoleh Imam Mardjuki setelah komisinya yang membidangi pendidikan belum lama ini melakukan rapat koordinasi dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Semarang.

Menurutnya, komisi D mendukung penuh kenaikan honor guru TPQ pada program pendidikan keagamaan non formal di Bagian Kesejahteraan Rakyat tersebut. Honor guru TPQ yang saat ini sebesar Rp 100 ribu di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2018 akan menjadi Rp 200 ribu per bulan.

Jumlah guru atau ustadz yang menerima honor juga akan bertambah dari 1.250 menjadi 2.500 guru. Karenanya kenaikan anggaran untuk honor guru TPQ dari Rp1,5 miliar menjadi Rp 6 miliar di 2018.

Anggota Fraksi PKS ini menegaskan, TPQ berperan penting dan nyata dalam mendidik karakter keagamaan anak-anak bangsa, khususnya dalam kemampuan membaca dan menulis al-Quran.

”Sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.